Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Indra Thohir Titip Pesan Penuh Makna untuk Persib Bandung

Tim Pikiran Rakyat
INDRA Tohir.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT
INDRA Tohir.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

BANDUNG, (PR).- Dalam beberapa pekan terakhir, Persib Bandung  gencar menghadirkan beberapa pemain anyar, termasuk Kiper baru Dhika Bayangkara. Mantan Pelatih Persib Indra Thohir menyebut, pergantian pemain merupakan hal yang biasa dilakulan oleh tim profesional.  

"Sekarang mereka (Persib Bandung) professional. Tentu mereka akan bicara dan bergerak. Walaupun bagi kita Persib tetaplah Persib, tapi sekarang sudah berbeda dengan dulu," ujarnya di Gedung KONI Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa 26 Agustus 2019.

Menurut dia, selain pemain, banyak yang perlu diperhatikan oleh manajemen klub, terutama mengenai prestasi pada beberapa musim terakhir. "Banyak sebenarnya yang harus dibicarakan. Jangankan di putaran ini (Shopee Liga 1), pada putaran yang sebelumnya saja (Liga 1 musim 2018) Persib berada di ranking ke-4," katanya.

TIGA pemain baru Persib Bandung  Nick Kuipers, Kevin Van Kippersiuis, dan Omid Nazari secara resmi diperkenalkan kepada publik di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis, 15 Agustus 2019. Ketiganya menjadi pengganti tiga pemain asing sebelumnya  yaitu Bojan Malisic, Arthur Gevorkyan, dan Rene Mihelic yang dicoret pelatih dalam mengarungi putaran kedua Liga 1. */ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Indra Thohir menilai Persib Bandung sudah dihuni para pemain berkualitas. Namun sejauh ini, dia belum melihat pemain yang memiliki dedikasi tinggi untuk tim, termasuk semangat dan motivasinya.

"Saya kira, dari sisi profesional, gampang menilainya. Sekarang saja sudah mendatangkan pemain lagi. Hanya, pemain mana yang mampu berdedikasi mempertahankan (presatsi) klub. Saya pikir pemain yang direkrut adalah pemain bagus, menurut cerita. Tapi pemain lain juga bagus dan punya motivasi memenangi pertandingan," katanya kepada wartawan Galamedianews Ferdy Soegito Putra.

Masih ada asa

Indra Thohir menyoroti, ketika bertransformasi menjadi tim professional, Persib Bandung kini lebih banyak dihuni pemain asing.

"Memang sekarang lebih banyak dihuni (pemain) luar. Jadi, ‘yang Persib-nya’ sudah tidak ada. Hanya ada beberapa," ujarnya.

INDRA Thohir dan Djadjang Nurdjaman/ARIF BUDI KRISTIANTO/PR

Akan tetapi, Indra thohir tetap percaya Persib Bandung masih memiliki peluang memperbaiki posisi di kalsemen Shopee Liga 1. Dengan regulasi yang ada, klub bisa merombak komposisi tim kapan saja.

"Masih ada peluang, setiap saat, karena memnag tidak ada ketentuan,” ucapnya

Saat Djajang Nurjaman menjabat sebagai pelatih Persib Bandung, menurut Indra Thohir, kiprah Djadjang Nurdjaman tidak terlalu buruk. "yang namanya profesional, tidak ada etika dan lainnya, (ketika dinilai) jelek, turun. Djajang menurut saya tidak terlalu jelek dalam perjalanannya, turun (diberhentikan). Hanya yang mungkin harus dipertanyakan, rekrutmennya," katanya.

Indra Thohir berpesn, saat ini Persib bandung harus memilih pemain yang memiliki motivasi, tak peduli pemain asing atau lokal. "Pemain yang rasa memilikinya harus lebih tinggi, itu barang kali yang hilang dan tidak ada sekarang," ujarnya.***

Bagikan: