Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Yudi Guntara: Ada Apa dengan Persib?

Abdul Muhaemin
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Legenda Persib Bandung Yudi Guntara mempertanyakan keputusan pelatih Persib saat ini Robert Rene Alberts yang tidak menyertakan Rene Mihelic dan Artur Gevorkyan. Kedua legiun asing Persib itu tidak disertakan dalam daftar tim sejak Persib menghadapi Barito Putera 4 Agustus yang lalu.

Bahkan keduanya telah resmi dicoret Persib Bansung saat paruh pertama kompetisi masih menyisakan 2 pertandingan. Artinya Mihelic dan Artur hanya menjalani kurang dari setengah musim bersama klub berjuluk Maung Bandung tersebut.

Yudi mengatakan seharusnya pelatih Robert Alberts bisa memanfaatkan komposisi pemain yang ada. Dia mencontohkan penampilan Persib saat mengalahkan Persipura dengan skor 3-0. Saat itu Rene dan Artur tampil gemilang dan membawa Persib menang.

"Skuat Persib harus dimanfaatkan dari awal kompetisi. Tidak semena-mena seorang pelatih itu mencoret Mihelic dan Artur. Padahal saat di pertandingan pertama vs Persipura, Persib mainnya bagus. Kalau tidak salah Robert tidak menyertakan Artur dan Mihelic padahal ada sisa 7 pertandingan gitu," katanya saat dihubungi Pikiran Rakyat, Minggu 25 Agustus 2019.

Alhasil, dari 6 pertandingan terakhir yang dilewati, Persib Bandung sama sekali belum meraih kemenangan. Hasil minor yang diraih oleh Persib dikatakan Yudi bisa jadi lantaran Robert Alberts enggan memasang Artur dan Mihelic di sisa putaran pertama.

Tidak hanya itu, Yudi juga mengatakan hingga pertandingan ke-15, dia tidak melihat kekompakan yang terjalin oleh semua pemain. Dia menilai tidak adanya kekompkan didalam tim lantaran kebiasaan pelatih membongkar pasang komposisi pemain.

"Ini menjadi dampak kepada pemain yang lain, secara langsung juga berdampak pada tim. Otomatis Mihelic dan Artur tidak disertakan, pelatih harus mencari pemain mana yang pas. Sehingga Robert memasang Aziz, Kim. Bukan berarti pemain yang jelek, tetapi Persib belum menemukan kekompakan tim karena selalu berubah komposisi pemainnya," ujarnya.

Tidak sampai di situ, Yudi juga mempertanyakan ada apa yang terjadi di dalam tim Persib Bandung. Dia menyoroti pencoretan Artur dan Mihelic saat pertandingan masih banyak. Jika memang ada pertikaian diantara Robert Alberts dan kedua pemain asing, seharusnya hal tersebut dikesampingkan lantaran raihan poin lebih penting untuk tim.

"Ada apa sih? Apa ada clash atau apa akhirnya. Kenapa Rene dan Artur dicoret saat sisa pertandingan masih banyak? Padahal raihan poin lebih penting, jadi lebih baik menggunakan pemain yang ada," ucapnya.

Mau tidak mau, mental pemain juga dia lihat terganggu. Kebiasaan merombak susunan pemain membuat chemistry yang harusnya sudah terjalin diantara pemain tidak terbentuk. Hingga pada akhirnya Persib Bandung mendapatkan serangkaian hasil negatif.

"Terganggu dengan tidak disertakannya Artur dan Mihelic, mental pemain yang lain juga terganggu. Jadi tim harus merombak komposisi pemain disetiap pertandingan yang dilewati," ujarnya.***

Bagikan: