Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Umumnya berawan, 26.1 ° C

Komposisi Pincang, Mampukah Persib Bangkit di Lampung?

Abdul Muhaemin
PERSIB Bandung melakukan pemanasan saat uji coba lapangan di Stadion Sumpah Pemuda, PKOR Halim, Bandar Lampung, Sabtu 24 Agustus 2019. Persib Bandung akan menghadapi Perseru Badak Lampung FC pada pekan ke-16 Shopee Liga 1 , Minggu  25 Agustus 2019.*/ARIF HIDAYAH/PR
PERSIB Bandung melakukan pemanasan saat uji coba lapangan di Stadion Sumpah Pemuda, PKOR Halim, Bandar Lampung, Sabtu 24 Agustus 2019. Persib Bandung akan menghadapi Perseru Badak Lampung FC pada pekan ke-16 Shopee Liga 1 , Minggu 25 Agustus 2019.*/ARIF HIDAYAH/PR

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung membawa misi bangkit dari keterpurukan kala melawat ke markas Perseru Badak Lampung FC, Minggu 25 Agustus 2019. Persib Bandung bisa memanfaatkan hasil buruk tuan rumah yang menelan kekalahan di dua pertandingan kandang terakhirnya.

Perseru Badak Lampung FC harus menelan kekalahan dari PSS Sleman dengan skor akhir 0-2. Selain itu kala menjamu Persebaya Surabaya, tim berjuluk Laskar Saburai tersebut juga ditumbangkan dengan skor akhir 1-3.

Namun tentu Persib Bandung tidak akan mudah mengalahkan tuan rumah. Pasalnya Perseru Badak Lampung juga berambisi memenangkan laga untuk memutus hasil minor mereka saat bermain di hadapan para pendukungnya.

Belum lagi, Persib juga harus tampil dengan 1 pemain asing yaitu Bojan Malisic. Pasalnya Rene Mihelic dan Artur Gevorkyan sudah resmi dicoret dari tim. Sementara penyerang andalan Ezechiel N'Douassel menjalani hukuman akumulasi kartu dan tidak bisa dimainkan.

Mantan pemain Persib Bandung era 1990-an, Yudi Guntara menilai tidak hadirnya Ezechiel bisa menjadi masalah bagi klub besutan Robert Rene Alberts tersebut. Hal ini terbukti dengan hasil kurang maksimal Persib kala tidak diperkuat oleh penyerang berkebangsaan Chad itu.

"(Perseru) tidak mudah dikalahkan apalagi main di kandangnya. Persib selama ini krisis apabila tidak main Ezechiel. Sulit dalam arti menemukan kekompakan timnya. Sampai pekan ke-16 masih mencari-cari komposisi tim," katanya kepada Pikiran Rakyat, Minggu 25 Agustus 2019.

Untuk mengantisipasi absennya Ezechiel yang membuat Persib selalu kesulitan, Yudi mengatakan biasanya Artur Gevorkyan selalu menjadi opsi. Namun lantaran Artur sudah dicoret dari tim, maka opsi yang lain adalah dengan memanfaatkan pemain di posisi second line seperti Abdul Aziz, Kim Kurniawan hingga Erwin Ramdani.

"Kita tahu sendiri bahwa ketika Ezechiel tidak main, Artur dimainkan. Saya kira strategi itu jitu, dan lebih bagus menggunakan pemain-pemain sayap. Atau bisa juga menggunakan pemain yang berasal dari second line seperti Abdul Aziz, Kim juga Erwin untuk memecah kebuntuan," ujarnya.

Selain itu, gelandang serang serba bisa Esteban Vizcarra juga bisa menjadi solusi agar Persib bisa mencetak gol. Vizcarra bisa dijadikan sebagai ujung tombak dan menggantikan peran yang ditinggalkan oleh Ezechiel N'Douassel.

"Bisa juga Vizcarra dijadikan sebagai penyerang, karena dia sangat kuat dalam penguasaan bola, belum lagi Vizcarra juga mempunyai naluri mencetak gol yang lebih bagus dari para pemain yang ada saat ini," tuturnya.***

Bagikan: