Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Bek Persib Bandung Bojan Malisic Bercerita Banyak Hal Menjelang Perpisahan

Irfan Subhan
BEK Persib Bojan Malisic/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
BEK Persib Bojan Malisic/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

SATU setengah musim lamanya Bojan Malisic memperkuat Persib Bandung, kini kebersamaannya dengan Pangeran Biru segera berakhir. Pemain asal Serbia tersebut harus pergi pada putaran kedua Shopee Liga 1.

Meski dia telah dinyatakan berpisah dengan Maung Bandung, sebagai pemain sepak bola profesional, ayah dua putri tersebut tetap menunaikan kewajibannya menuntaskan dua laga tersisa yang akan Persib Bandung hadapi pada akhir putaran pertama.

Bojan Malisic tidak mempermasalahkan jika dia harus tersingkir dari Persib Bandung karena hal tersebut sudah biasa terjadi, tidak hanya di dunia sepak bola, tetapi di cabang olah raga lainnya ketika pemain datang dan pergi.

“Ini seperti suatu hal yang semua orang harus terima. Ini keputusan yang datang dari pelatih dan bukan manajemen. Saya sudah berada di sini hampir dua tahun dan banyak kenangan indah. Saya mengenal orang baru di Bandung dan di klub. Ini hal yang normal. Ini hidup. Jadi, pada dasarnya saya menerima keputusan ini sangat baik, dengan cara yang profesional, dan saya tidak bisa bicara apapun soal pelatih karena dia punya dukungan penuh dari menajemen,” tutur Bojan Malisic di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis 22 Agustus 2019.

BEK Persib Bojan Malisic/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Bojan Malisic menerima dengan lapang dada keputusan pelatih dan manajemen Persib Bandung tersebut. Bahkan, usai putaran pertama Shopee Liga 1, dia akan langsung pulang menuju kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga.

“Mungkin bagi beberapa orang ini keputusan buruk, tapi ini kehidupan pemain sepak bola karena ketika satu pintu tertutup, ada satu pintu lain yang terbuka. Jadi, tentunya saya akan bermain di klub lain di sini, jika tidak di sini, mungkin di negara lain. Saya pikir, selama hampir dua tahun ini saya memainkan banyak pertandingan berkualitas dan saya membantu Persib Bandung memenangi gim yang luar biasa,” katanya.

PERSIB menghadapi Persipura dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 19 Mei 2019.*/ANTARA

Banyak kenangan indah yang akan selalu diingatnya selama membela Persib Bandung, termasuk dukungan bobotoh yang sangat luar biasa. Dia tidak akan melupakan bobotoh yang selama ini selalu mendukung ketika Persib Bandung bermain dimana pun.

“Saya pikir, saya akan terus mengingat bobotoh dan pemain yang juga tetap mengingat saya. Saya tidak memikirkan soal keputusan ini. Saya menerimanya dengan cara yang profesional. Saya akan terus melanjutkan hidup dan karier di klub berikutnya,” ujarnya.

Momen paling berkesan

Pada putaran pertama Shopee Liga 1, Bojan Malisic menjadi pemain asing yang sering diturunkan Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. Bojan Malisic tampil 13 kali dan menyumbangkan 1 gol serta mengumpan 1 gol.

Bahkan musim lalu, Bojan Malisic menyumbangkan 2 gol dan mengumpan 1 gol. Salah satu golnya yang tidak akan dilupakan adalah saat Persib Bandung mengalakan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang berakhir 3-2. Bojan Malisic mencetak gol penentu kemenangan pada akhir pertandingan.

“Saya merasa bagus, kalian tahu saya profesional sejak pertama bertemu dan selalu bermain 100 persen. Saya akan memberikan yang terbaik untuk membantu tim dan jika memungkinkan, pada dua laga terakhir meraih kemenangan dan mengoleksi 6 poin, itu akan bagus bagi tim,” ujarnya.

Seolah tak akan pergi

Pada dua pertandingan tersisa yang akan dijalani bersama Persib Bandung, Bojan Malisic bertekad bermain maksimal dengan sekuat tenaga dan memberikan kado perpisahan yang indah untuk bobotoh.

“Saya akan bermain seakan tidak akan pergi dari klub ini karena mental harus sangat siap dan itu tidak mudah. Banyak dukungan yang saya terima dari orang-orang beberapa hari ke belakang dan saya tidak bisa membalasanya satu per satu. Saya merasa mereka begitu mendukung saya dan itu sudah saya ketahui sejak awal saya datang, mungkin karena gaya saya atau lainnya,” ucapnya.

Meski cukup berat menghadapi perpisahan, Bojan Malisic telah menerima kenyataan. “Posisi saya sebenarnya tidak mudah dari aspek mentalitas untuk menghadapi sisa pertandingan tapi seperti yang saya katakan tadi, saya profesional. Saya selalu menatap pertandingan berikutnya. Jadi, saya siap untuk bermain,” tuturnya.***

Bagikan: