Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.8 ° C

Robert Alberts Bicara Naturalisasi Fabiano dan Uniknya Sepak Bola Indonesia

Abdul Muhaemin
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Proses naturalisasi pemain belakang Persib Bandung yaitu Fabiano Beltrame nampaknya masih membutuhkan waktu. Kabar terbaru, sang pemain dikatakan pelatih Persib Robert Rene Alberts masih membutuhkan satu syarat lagi yang harus dipenuhi sebelum diakui sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Meski tidak menjelaskan secara rinci apa syarat yang masih menahan proses naturalisasi Fabiano, Robert Alberts mengatakan bahwa saat ini bek tangguh itu tengah berada di Jakarta dan mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan. Dia mengharapkan agar status WNI Fabiano bisa segera rampung sehingga bisa membela Persib di putaran kedua kompetisi Shopee Liga 1 2019.

“Kabar terbarunya tadi malam dia butuh satu syarat lagi dan dia hari ini di Jakarta untuk mengumpulkan syarat yang dibutuhkan lalu setelah itu diproses, tapi sejauh ini semuanya baik-baik saja,” tutur Robert seusai latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu 21 Agustus 2019.

Polemik proses naturalisasi Fabiano memang telah memakan waktu cukup lama, bahkan sang pemain tidak bisa membela tim Persib di putaran pertama lantaran status WNI nya masih belaum selesai. Tidak sampai disitu, hingga paruh pertama kompetisi yang akan segera rampung, pemain berdarah Brazil itu masih belum mendapatkan status WNI.

Bahkan ketika mendapati kenyataan tidak bisa bermain untuk Persib di putaran pertama, Fabiano yang diharapkan status WNI nya rampung sebelum gelaran Liga 2 ternyata tidak kunjung selesai. Padahal jika proses naturalisasinya selesai, dia diproyeksikan Robert Alberts untuk bergabung dengan Bandung United selama setengah musim.

Uniknya sepak bola Indonesia

Sementara itu, pelatih berkebangsaan Belanda tersebut mengaku heran dengan salah satu pemain andalannya yaitu Febri Hariyadi ke Tim Nasional Indonesia. Robert bukan mempertanyakan pemanggilan sang pemain, namun dia menggaris bawahi perihal waktu pemanggilan pemain ke Timnas yang bentrok dengan kompetisi Liga 1.

“Seperti yang saya bilang tadi, situasi unik terjadi di Indonesia, karena Timnas main saat kompetisi masih bergulir dan itu berpengaruh pada situasi semua tim termasuk kondisi Persib,” kata mantan pelatih PSM Makassar dan Arema FC tersebut.

Meski heran dengan pemanggilan Febri, Robert tetap memberikan dukungan kepada pemainnya tersebut untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Namun dia tetap meminta agar Timnas Indonesia bisa mengikuti aturan FIFA serta memperhatikan jadwal kalender FIFA dengan jadwal di kompetisi domestic.

“Tapi kita tentu mendukung pemain yang bermain di Timnas, kita juga harus belajar bahwa Timnas harus mengikuti aturan FIFA, jika memang ingin berkembang lebih baik lagi. Kita tetap doakan yang terbaik untuk Febri,” ujarnya.***

Bagikan: