Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Persib U-18 Mulai Benahi Kekurangan

Irfan Subhan
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Usai menjalani pemusatan latihan singkat di Ciamis, tim Persib U-18 mulai melakukan evaluasi dan pembenahan sejumlah kelemahan. Selama menjalani pemusatan latihan, skuad Maung Ngora melakukan latihan dan dua kali pertandingan uji coba.

Asisten pelatih Persib U-18 Asep Rahmat Saputra mengatakan, masih ada beberapa kesalahan mendasar yang kerap dilakukan oleh para pemainnya. Hal itu terjadi saat melakoni uji tanding kontra Persikotas U-17 di Stadion Wiradadaha, Tasikmalaya, akhir pekan lalu.

"Anak-anak masih banyak sekali melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dilakukan, baik secara individu atau pun kelompok. Selain itu, ada jarak antar lini yang masih perlu perbaikan," tutur Asep, Senin, 19 Agustus 2019.

Dia menuturkan, meski demikian, secara keseluruhan program pemusatan latihan ini berjalan sukses sebagai persiapan menghadapi putaran kedua babak pendahuluan Grup B Elite Pro Liga 1 U-18. 

"Hasil dari pemusatan latihan singkat ini dan dua pertandingan persahabatan di dalamnya menjadi modal kuat untuk menghadapi putaran kedua, yang akan dimulai tanggal 24 melawan Bhayangkara FC," katanya.

Dari dua kali uji tanding selama pemusatan latihan, Maung Ngora mencetak dua kali kemenangan. Kemenangan pertama terjadi saat mengalahkan Galuh FC U-17 di Lapangan Melebar, Ciamis. Sementara kemenangan kedua saat menekuk Persikotas U-17 di Stadion Wiradadaha, Tasikmalaya.

Asep mengatakan, selama menjalani pemusatan latihan timnya mengalami peningkatan yang cukup pesat. Dalam program ini, para pemain tidak hanya dituntut untuk meningkatkan kualitas individu, tapi juga menjalin kerjasama antarpemain.

“Anak-anak menunjukkan progres yang bagus. Apalagi dalam hal semangat karena kami buat kegiatan ini dengan menyenangkan. Tidak hanya untuk mengasah konsentrasi, tapi juga membentuk rasa solid di dalam tim. Sesuai arahan pelatih Kartono, kami buat sedemikian rupa program ini sebagai persiapan untuk kompetisi,“ ujarnya.

Pada pemusatan latihan ini diikuti 24 pemain, tim juga menambah dua pemain untuk meningkatkan daya dobrak di lini depan pada putaran kedua Elite Pro Academy PSSI U-18 yang akan dimulai 24 Agustus mendatang. Kedua pemain itu adalah gelandang serang Rainier Aghrimaldi dan Revi Restu Fauzi. 

Khusus untuk Revi, tidak mengikuti pemusatan latihan karena bergabung di tim PERSIB U-17 yang mengikuti turnamen Future Cup di Cina. Meski demikian, Asep memastikan hal itu tak akan menjadi kendala bagi pemain untuk beradaptasi.

“Sebelum kami daftarkan, dia sudah lama ikut latihan di Bandung. Tapi kemarin dia ikut dulu ke Cina. Alhamdulillah karena memang dia punya kualitas akhirnya dia menjadi topskor di sana (Future Cup). Saya yakin, di kompetisi nanti dia akan bisa beradaptasi dengan cepat ke dalam tim," ucapnya.***

Bagikan: