Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Umumnya berawan, 26.1 ° C

Siapa Kiper Baru Persib Bandung?

Irfan Subhan
KIPER Persib Bandung Aqil Savik menghalau bola dari kaki pemain Arema FC Riki Kayame dalam pertandingan Shopee Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa 30 Juli 2019.*/ANTARA
KIPER Persib Bandung Aqil Savik menghalau bola dari kaki pemain Arema FC Riki Kayame dalam pertandingan Shopee Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa 30 Juli 2019.*/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Usai mendatangkan tiga pemain asing baru, Persib selangkah lagi akan kedatangan penjaga gawang anyar yang akan mengisi kekosongan setelah salah satu penjaga gawangnya, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby, harus menepi lebih awal karena mengalami cedera patah tulang kaki fibula dan tibia.

Pelatih Persib Robert Alberts mengatakan, saat ini manajemen masih melakukan negosiasi dengan penjaga gawang tersebut. Dana akan segera diumumkan begitu telah terjadi kesepakatan dan kontrak.

Dengan hadirnya penjaga gawang ini, maka komposisi kiper untuk Persib kembali normal setelah sebelumnya Maung Bandung hanya diperkuat dua orang yaitu I Made Wirawan dan Aqil Savik.

Sementara itu, pelatih penjaga gawang Persib Gatot Prasetyo mengatakan, saat ini sudah ada beberapa penjaga gawang yang melamar untuk bisa bergabung bersama Persib pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019.

Gatot pun mengaku ada beberapa nama penjaga gawang yang bermunculan di media sosial seperti Teja Paku Alam dan Alfonsius Kelvan yang dikait-kaitkan ke Persib. Itu bisa saja terjadi. Namun, nantinya tergantung apakah klub sebelumnya akan melepas atau tidak.

“Ya kalau minat mereka ingin gabung sih baru secara lisan, mereka sudah merespon tapi kan masalahnya klubnya mau ngelepas atau enggak. Tedja awalnya soal finansial di Padang, tapi terakhir dia bilang urusan itu sudah selesai seperti tunggakan segala macam. Tapi kalau dia minat kesini ya bawa surat keluar dari Semen Padang lalu ayo (melamar),” tutur Gatot, Jumat, 16 Agustus 2019. 

Dia menambahkan, dirinya sudah melakukan komunikasi dengan pelatih Robert Alberts terkait siapa penjaga gawang yang akan merapat ke Persib. Namun, penilaian yang penting adalah di klub sebelumnya kiper tersebut masih on fire dengan artian dia mendapat kesempatan bermain.

“Seperti Tedja kan main terus di sana (Semen Padang), makanya menjadi pilihan pertama, tetap sepertinya sinyal dia masih dipertahankan. Selain dua penjaga gawang, itu ada juga yang lain telfon seperti Yogi Triana dari Persita, sama Syaiful yang dulu di PSM tapi sekarang Persita, lalu Alfonsius Kelvan. Tapi kita harus lihat juga seperti keseriusan mereka juga,” katanya

Kemampuan setara Made

Gatot mengatakan, untuk posisi penjaga gawang yang dibutuhkan pelatih adalah orang yang memiliki kemampuan setara dengan I Made Wirawan. Hal itu mengingat pengalaman bermain Aqil masih kurang untuk pertandingan-pertandingan penting.

“Kita juga masih harus cari pelapisnya Made atau sama dengan Made. Ini yang penting cari kiper yang sudah punya pengalaman, enggak mungkin yang mentah lagi. Transfer window kan baru buka, mereka juga harus ditunggu dulu soal perpanjang kontrak dengan timnya, kan kebanyakan mereka main di Liga 2. Tapi Alfon di utama, terus mau dilepas sama Borneo atau enggak,”ujarnya.

Gatot mengatakan, idiealnya setiap tim memiliki empat penjaga gawang sehingga memiliki pelapis jika salah satu kiper mengalami cedera atau absen akibat akumulasi kartu.

“Tentunya harus tambah, kita dua tidak cukup. Idealnya kiper ada empat dan itu kita siap banget. Karena untuk proses berlatih pun kiper ini kalau hanya tiga kurang, tapi empat untuk memenuhi itu saya juga bisa pinjam ke U-20. Tapi kalo yang siap main di Liga, tiga sudah cukup,” tuturnya.***

Bagikan: