Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Cerah, 28.3 ° C

LKBH Bobotoh Bentukan Suporter Persib Bandung Akhirnya Sah Berdiri

Irfan Subhan
BOBOTOH Persib/ANDRI GURNITA/PR
BOBOTOH Persib/ANDRI GURNITA/PR

BANDUNG, (PR).- Setelah menunggu sekira 6 bulan, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Bobotoh akhirnya resmi berdiri. Lembaga itu diharapkan akan menjadi garda terdepan dalam membantu bobotoh Persib Bandung di ranah hukum.

Perwakilan Viking Persib Club distrik Jakarta sekaligus inisator pembentukan LKBH Bobotoh, Otang Timika mengatakan, LKBH Bobotoh bisa menjadi pendamping bobotoh, khususnya di daerah yang dekat dengan kota basis klub lain. Sebab, selama ini sering terjadi pelanggaran hukum dan bobotoh yang menjadi korbannya.

"Adanya LKBH ini menjadi wadah atau payung hukum untuk mendampingi bobotoh jika ada kejadian yang tak kami harapkan. Kami terbuka, tak hanya dalam ranah sepak bola," tutur Otang, Rabu 13 Agustus 2019.

Untuk mewujudkan hal itu, dia gencar melakukan edukasi sekaligus sosialisasi pendirian lembaga yang disahkan Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 25 Maret 2019 tersebut. Dia dan teman-temannya tidak ingin bobotoh Persib Bandung melakukan tindakan melawan hukum yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Kami juga bertanggung jawab memberikan edukasi terhadap bobotoh. Kami berharap bobotoh melek hukum dan tahu konsekuensi ketika berbuat salah. Sudah bukan zamannya kekerasan dibalas kekerasan, tidak akan ada ujung dan efek jeranya," katanya.

BOBOTOH Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Sebagai lembaga baru, tidak mudah untuk bisa menjelaskan fungsi dari LKBH Bobotoh. Namun, Otang sangat bersyukur karena banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk PT Persib Bandung Bermartabat.

"Sedikit-sedikit, kami terus memperkenalkan diri. Kami mendapat dukungan dari Viking Persib Cclub dan PT PBB. Di acara jambore yang diadakan Viking Persib Club, kami hadir menjadi pembicara untuk memperkenalkan LKBH Bobotoh," ucapnya.

Bersifat preventif

Sebelumnya, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengatakan, dia sempat membicarakan mengenai hal itu dengan beberapa pengurus kelompok suporter Persib Bandung.

“Saya ingat waktu di Graha Persib, teman-teman bobotoh di Jakarta ingin membentuk LKBH. Terus terang, manajemen setuju dan itu bagus. Kami apresiasi ada LKBH Bobotoh,” ujar Kuswara S Taryono.

“Saya sampaikan bahwa kami cari waktu untuk tukar pikiran, kebetulan saya punya latar belakang sebagai pengacara. Kami akan memberikan masukan. Jadi, paling tidak dengan LKBH ini tidak hanya berpikir soal litigasi atau pendampingan soal perkara, tapi juga lebih untuk, katakanlah, semacam tim yang memberikan konsultasi yang sifatnya preventif di aspek hukum,” katanya.

Kuswara S Taryono menuturkan, adanya LKBH Bobotoh juga bisa mengedukasi bobotoh Persib Bandung hingga mereka bisa memahami hukum yang belraku dan jangan sampai melakukan hal yang menyimpang atau anarkis yang merugikan Persib Bandung.***

Bagikan: