Pikiran Rakyat
USD Jual 14.027,00 Beli 14.125,00 | Berawan, 19.1 ° C

Gabung Putaran Kedua, Fabiano Diharapkan Sembuhkan Persib

Arif Budi Kristanto
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menyatakan Fabiano Beltrame bakal segera berstatus Warga Negara Indonesia sehingga dapat memperkuat Maung Bandung pada putaran kedua kompetisi Shoppe Liga 1.  Robert menilai, kehadiran Fabiano akan menjadi solusi bagi lini pertahanan Persib yang kerap kebobolan.

Dalam 13 pertandingan yang sudah dilakoni, Persib kebobolan 19 kali. Bahkan, 10 gol bersarang di gawang Persib hanay dalam empat pertandingan terakhir.

"Kami punya harapan besar dia tanggal 15 (Agustus) bisa menampilkan itu (menyanyikan Lagu Indonesia Raya) supaya mendapat kewarganegaraan Indonesia. Kami punya harapan besar untuk putaran kedua karena dia bisa mengatasi kelemahan kami, kami mudah kemasukan dari area tengah pertahanan dan kami kehilangan Fabiano sejauh ini, tidak diragukan lagi," ujar Robert, Senin, 12 Agustus 2019.

Dia mengatakan, Fabiano ada dalam rencana tim bentukannya. Apalagi setelah Victor Igbonefo hengkang dari Persib pada akhir musim lalu. Menurut Robert, kepergian Igbonefo menjadi kehilangan bagi Persib.

"Dia ada dalam rencana kami. Victor pergi dan menurut saya Victor adalah pemain paling berpengaruh di tim musim lalu. Dia bisa menjadi pemimpin tim untuk tetap bersama, dia pandai membaca permainan, dan memberi dampak besar ketika pergi. Saya tidak tahu dia sudah pergi ketika datang kesini dan saya merasa kecewa, karena dia masuk dalam hitungan saya, dia punya kepribadian yang bagus untuk tim. Tapi Fabiano juga merupakan tipe pemain seperti itu dan kami membutuhkannya. Kalau Fabiano ada, mungkin Persib tidak akan banyak kebobolan seperti ini," kata Robert.

Meski demikian, Robert belum bisa memastikan ihwal proses naturalisasi Fabiano. Mantan Pelatih PSM Makassar itu menegaskan, manajemen Persib lebih tahu mengenai proses tersebut.

"Saya kira manajemen yang lebih tahu statusnya. Kami hanya mendapatkan informasi saja. Tapi kami ikut senang dengan Fabiano," ujarnya.  

Incar kiper

Selain bergabungnya Fabiano pada putaran kedua, Robert juga mengonfirmasi upaya Persib untuk mendapatkan penjaga gawang baru. Cedera yang diderita Muhammad Natshir membuat Maung bandung butuh kiper pelapis untuk I Made Wirawan. 

"Kami sudah punya nama. Ini tidak mudah karena mayoritas pemain yang ingin merapat sudah terikat kontrak dengan tim lain. Jadi kami sedang dalam diskusi dengan 2 sampai 3 kiper yang menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik untuk datang ke Persib. Tapi mereka masih terikat kontrak jadi kami harus mencari solusinya dulu dan jika sudah ada kepastian baru manajemen akan mengungkap namanya," ujarnya. 

Menurut Robert, kiper yang kelak direkrut harus lebih baik kualitasnya dari tim U-23 Persib dan lebih baik dari  kiper muda Persib Muhammad Aqil Savik.

"Kami melihat latar belakang kiper tersebut. Dia yang akan datang harus lebih baik dari tim U-23 Persib dan lebih baik dari Aqil karena Aqil untuk saat ini masih dalam fase belajar. Dia harus bisa menjadi pengganti Made jika mengalami cedera dengan pengalaman bermain di liga sehingga kami bisa memberi kepercayaan pada pemain," ujar pelatih berkebangsaan Belanda itu.***

Bagikan: