Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 23.5 ° C

Tiket Online Laga Kandang Persib Bandung Terus Diperdebatkan

Irfan Subhan
BOBOTOH mendukung Persib Bandung saat menjamu Kalteng Putra pada pertandingan Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 16 Juli 2019. Dalam laga tersebut, Persib Bandung menang 2-0.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
BOBOTOH mendukung Persib Bandung saat menjamu Kalteng Putra pada pertandingan Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 16 Juli 2019. Dalam laga tersebut, Persib Bandung menang 2-0.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR). - Sistem penjualan tiket online pertandingan Persib Bandung di Shopee Liga 1 masih menjadi perdebatan bobotoh. Sistem penjualan yang belum familier membuat banyak bobotoh canggung dan belum paham mengenai teknis pembelian tiket online.

Sebelumnya, panitia pertandingan Persib Bandung telah mengeluarkan kebijakan penjualan tiket melalui sistem online sejak Leg kedua Piala Indonesia ketika Persib Bandung menjamu Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, pada bulan Mei lalu.

Sistem penjualan tiket secara online akhirnya diterapkan pada pertandingan kandang Persib Bandung di Shopee Liga 1. Namun, sistem itu menuai pro dan kontra karena banyak bobotoh yang kesulitan mendapatkan tiket.

"Pada prinsipnya, saya setuju dengan penjualan online yang dilakukan penpel pertandingan Persib, tetapi seharusnya dilakukan secara bertahap dan ada sosialisasi langsung ke bobotoh karena pasti masih banyak bobotoh yang belum mengerti bagaimana caranya membeli tiket ini," tutur Ali Apriansyah, bobotoh asal Sukamenak, Kabupaten Bandung, Senin 22 Juli 2019.

BOBOTOH membentang kan poster dukungan saat menyaksikan pertandingan Persib Bandung melawan Kalteng Putra pada ajang  Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 16 Juli 2019. Dalam laga tersebut, Persib Bandung menang 2-0.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Ali mengatakan, selain sosialisasi, sistem penjualan tiket juga harus dibenahi karena beberapa kali dia kesulitan saat mencoba membeli tiket untuk beberapa pertandingan terakhir.

"Terakhir beli waktu pertandingan Persib lawan Madura United, harus beberapa kali coba baru bisa terhubung. Pasti banyak yang masih belum mengerti, tapi mungkin ke depannya banyak bobotoh yang terbiasa dan saya mendukung penjualan tiket online karena lebih mudah, dengan catatan, untuk panpel, kalau bisa (badnwidth) jaringannya ditingkatkan lagi," katanya.

Sementara itu, Budi Gunawan, bobotoh asal Cianjur mengaku lebih memilih penjualan tiket dilakukan secara konvensional mengingat banyak bobotoh yang sering membeli tiket langsung baik melalui tempat penjualan resmi maupun distrik-distrik komunitas suporter Persib Bandung.

"Kebetulan, di daerah saya, jaringan internet sering terganggu sehingga selalu kesulitan ketika ingin membeli tiket online. Saya berharap, ke depan ada solusi seperti penjualan tiketnya tidak semua online, ada juga yang masih dijual secara langsung di stadion, misalnya," ucapnya.

Tak akan ada lagi pencetakan tiket

Menanggapi polemik itu, General Coordinator Panpel Persib Bandung, Budhi Bram Rachman mengatakan, pihaknya terus memberikan upaya yang maksimum untuk kenyamanan serta kemudahan bobotoh dalam pembelian tiket online.

Menurut dia, Persib Bandung sedikit terlambat dalam penerapan sistem penjualan tiket online karena beberapa klub di Indonesia telah melakukan hal yang sama sejak jauh-jauh hari.

“Sekarang era digital, nantinya sistem akan lebih mudah. Jadi, tidak akan ada penukaran tiket lagi di lapangan. Setiap pemegang tiket punya e-voucher, nanti bisa dicetak atau diperlihatkan melalui smartphone, tidak perlu ditukar tiket lagi, lebih praktis. Sering ada keluhan karena harus menukar terlebih dulu, “ujanya.

Panpel Persib Bandung juga telah menyediakan pusat layanan bantuan untuk bobotoh yang kesulitan mengakses sistem pembelian tiket online. Pusat bantuan pembelian tiket ditempatkan di lantai 2 Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.  Jam operasional pusat bantuan yaitu pada hari kerja, pukul 9.00-17.00.

Sementara untuk bobotoh di luar Bandung, bisa menghubungi  layanan pusat bantuan melalui surel [email protected] atau pesan WA di nomor 08569019444.***

Bagikan: