Pikiran Rakyat
USD Jual 14.282,00 Beli 14.184,00 | Umumnya cerah, 18.2 ° C

Lawan PSIS Semarang, Persib Bandung akan Terapkan Strategi Berbeda

Irfan Subhan
ESTEBAN Vizcarra dan Robert Alberts saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin 15 Juli 2019.*/ ABDUL MUHAEMIN/PR
ESTEBAN Vizcarra dan Robert Alberts saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin 15 Juli 2019.*/ ABDUL MUHAEMIN/PR

SOREANG, (PR)- Absennya dua pilar utama di barisan pertahanan Persib yaitu Achmad Jufriyanto dan Bojan Malisic saat menghadapi PSIS Semarang, membuat pelatih Persib Robert Alberts akan menerapkan strategi berbeda. Hal tersebut dilakukan karena PSIS kerap mengandalkan kecepatan saat melakukan serangan.

"Kondisi pemain dan pemulihan berjalan dengan baik, kami langsung bergerak dengan mencari formasi dan strategi baru karena kami kehilangan dua bek tengah. Kami juga mencari cara bagaimana menghentikan PSIS, karena jika melihat saat mengalahkan Sleman kemarin, tim tersebut memiliki penyerang yang bagus dan cepat," tutur Robert di Stadion Si Jalak Harupat, Jalan Cipatik-Soreang, Kamis, 18 Juli 2019. 

Pelatih asal Belanda tersebut menambahkan, dirinya telah mengantongi beberapa opsi pemain yang akan diturunkan pada pertandingan nanti, khususnya untuk mengisi posisi bek tengah. Namun, untuk mengetahui siapa pemain yang akan dipasang, Robert menilai dirinya masih akan melihat perkembangan pemain sebelum berangkat menuju Magelang.

“Kami harus benar-benar bersiap tanpa dua bek tengah utama kami. Pertandingan yang menantang bagi kami untuk mengatur lini pertahanan kami, apalagi kami memang ingin meraih tiga poin di setiap pertandingan, meski sekarang kami akan menerapkan susunan pemain baru. Ini tantangan tersendiri bagi kami,” katanya.

Latihan terakhir

Menghadapi PSIS Semarang, Persib akan membawa sebnayak 20 pemain. Rencananya tim akan berangkat pada hari Jumat sore ini. Namun, sebelumnya para pemain akan melakukan latihan terakhir di lapangan sepak bola Lodaya.

“Kami akan melihat perkembangan terakhir di latihan sebelum berangkat ke Magelang. Tapi untungnya di pertandingan nanti, Ezechiel dan Rene sudah kembali dan bisa bermain dengan kita,” ujarnya.

Robert mengatakan, sebelumnya Ezechiel dan Rene Mihelic absen di pertandingan melawan Kalteng Putra. Kedua pemain ini langsung bisa menyatu dan sangat bersemangat untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.   

“Karena bagi pemain, tidak bermain dalam satu pertadingan pasti akan membuatnya kesal. Dan sekarang mereka kembali ke tim, saya harap mereka bisa menampilkan permainan yang bagus, untuk membawa tim meraih kemenangan,” ucapnya.

Pelatih berusia 64 tahun ini menambahkan, melihat strategi yang diterapkan pada laga sebelumnya sudah cukup baik, khususnya ketika babak kedua dimana strategi bisa berjalan dan Persib mencetak dua gol.

Begitu juga dengan posisi Esteban Vizcarra yang menurut Robert lebih senang ditempatkan di posisi sayap. Namun, dirinya sengaja memberikan kebebasan kepada pemain ketika di lapangan, sehingga pemain bisa menunjukan gaya dan tekniknya dengan baik hingga membuat pemain lawan kesulitan.

Kabar Fabiano

Sementara itu, disinggung mengenai perkembangan naturalisasi Fabiano Da Rosa Beltrame, Robert menuturkan jika pemain asal Brasil tersebut akan segera diangkat menjadi Warga Negara Indonesia.

“Ya, saya mendengar kabar positif jika bulan ini proses naturalisasinya akan selesai. Dia akan menjadi warga Indonesia dan itu kabar baik. Saya berharap di putaran kedua ini dia sudah siap, karena kami memang membutuhkannya untuk menjaga jika kami kekurangan bek tengah, dia penting untuk tim, karena kita telah kehilangan Victor Igbonefo,” tutur Robert.***

Bagikan: