Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 18.2 ° C

Bermain Tanpa Tiga Pemain Andalan, Persib Harus Petik Poin Penuh

Irfan Subhan
ROBERT Alberts (tengah), saat konferensi pers menjelag laga Persib Bandung Vs Kalteng Putra, Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin 15 Juli 2019.*/ ABDUL MUHAEMIN/PR
ROBERT Alberts (tengah), saat konferensi pers menjelag laga Persib Bandung Vs Kalteng Putra, Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin 15 Juli 2019.*/ ABDUL MUHAEMIN/PR

BANDUNG, (PR).- Menghadapi Kalteng Putra pada pekan ke-9 Shopee Liga 1 2019, Persib dihadapkan pada situasi yang cukup pelik karena harus bermain tanpa tiga pemain andalannya yaitu Ezechiel N’Douassel, Rene Mihelic, dan Muhammadd Natshir Fadhil Mahbuby.

Di satu sisi, laga nanti akan menjadi penentu untuk Maung Bandung dalam upaya kembali naik ke papan atas, karena posisi mereka masih tertahan di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan nilai 7 hasil dari 1 kali menang, 4 kali imbang, dan 2 kali kalah.

Stadion Si Jalak Harupat yang selama ini angker bagi tim tamu, saat ini seolah mulai jinak karena dari lima pertandingan yang telah dijalani oleh skuad Maung di stadion yang berada di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung ini, Persib baru meraih 1 kali menang, 3 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Meski mengusung misi yang cukup sulit, karena Persib harus bisa memenangkan pertandingan, Pelatih Pangeran Biru Robert Alberts mengaku tidak terlalu khawatir. Meskipun, dia mengakui bahwa kekuatan timnya sedikit picang.

“Kita semua tahu pertandingan nanti akan sangat penting untuk kita, kita sangat membutuhkan tiga poin karena kita telah kehilangan banyak poin di pertandingan sebelumnya,” tutur Robert saat konfrensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Senin, 15 Juli 2019.

Pelatih berkebangsaan Belanda ini menambahkan, meski hanya memiliki waktu tiga hari untuk melakukan persiapan. Robert telah mengantongi strategi serta nama-nama pemain yang akan diturunkan pada pertandingan nanti.

“Kita tahu untuk menghadapi realitas besok (hari ini), maka saya nantikan pertandingan karena Persib akan sangat agresif, pemain ingin meraihnya dan sangat lapar untuk bisa mencetak gol dan tidak sabar untuk pertandingan nanti. Mereka memiliki sikap untuk memenangkan pertandingan dan kita sudah siapkan 11 pemain dengan mental tersebut karena kita ingin menangkan tiga poin,” katanya.

Fokus manfaatkan kesempatan

Robert mengatakan, tim akan fokus untuk memanfaatkan kesempatan dengan baik karena di laga nanti, juga akan menjadikan peluang bagi para pemain bahwa mereka sangat layak untuk diberikan kesempatan bertanding.

“Saya pikir kita tahu kenyataannya, tapi bagi saya bukan pada pemain yang tidak bisa bermain, tapi saya fokus pada pemain saya yang akan bermain. Maka kita akan nantikan bagaimana pemain bisa menggeser pemain lainnya (persaingan dalam tim), dan sekarang saya fokus pada pemain yang ingin bermain, bukan pemain yang tidak bisa bermain,” ujarnya.

Timpangnya kekuatan Persib, membuat Robert pun mengambil strategi berbeda karena secara kualitas dan kapasita pemain pun akan berbeda, sehingga skema yang akan diterapkan pun akan lain.

“Maka artinya kita akan lakukan perubahan dalam permainan, dan seperti yang kalian tahu bola selalu diberikan pada Ezechiel karena dia menjadi target man. Maka kita mainkan pemain lain dan akan mengubah permainan, masih di jalan yang sama, tapi kita ubah di lini serang karena kita ingin tetap menggapai target yang kita mau, ingat juga kalau Esteban telah kembali,” ucapnya.

Diuntungkan

Sementara itu, pelatih Kalteng Putra Gomes de Oliveira mengatakan, timnya diuntungkan karena Persib akan bermain tanpa kekuatan penuh.

“Kalteng Putra sudah siap untuk pertandingan besok. Pemain semua dalam kondisi fit dengan segala hal, taktikal dan mental. Mereka akan berjuang untuk dapat hasil di pertandingan lawan Persib,”ujarnya.

Meski diuntungkan, bukan berarti jalannya pertandingan akan mudah karena sebagi tuan rumah, tentunya Persib akan berupaya maksimal untuk meraih kemenangan di kandang sendiri.

“Bukan berarti timnya Persib jadi lemah karena saya yakin grupnya sangat berkualitas. Siapa saja yang main, inti atau cadangan harus kami hadapi dengan sungguh sungguh dengan fokus untuk kami bisa dapat hasil di sini. Kami tahu sulit, mereka punya suporter yang istimewa, tapi kami harus berjuang keras karena kami punya pemain juga berpengalaman yang sudah buktikan juga dimanapun kami bermain kami bisa dapat hasil yang baik,” katanya.***

Bagikan: