Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya cerah, 16.3 ° C

Mengembalikan Kondisi Mental Persib Bandung

Abdul Muhaemin
BOBOTOH menyampaikan kritik terhadap tim saat Persib Bandung melawan Bhayangkara FC di Stadion SI Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 30 Juni 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
BOBOTOH menyampaikan kritik terhadap tim saat Persib Bandung melawan Bhayangkara FC di Stadion SI Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 30 Juni 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung masih belum menemui kemujuran dalam kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019. Dari total 7 pertandingan yang telah dijalani, Persib baru menorehkan 1 kemenangan, 4 kali hasil imbang serta 2 kali menelan kekalahan. Hasil tersebut membuat Persib harus terseok-seok di papan tengah klasemen sementara.

Bahkan dari dua kekalahan yang telah diderita, 1 kekalahan di antaranya didapatkan oleh Persib Bandung saat bertindak sebagai tuan rumah. Supardi Nasir, dkk. dikalahkan oleh Bhayangkara FC dengan skor tipis 1-2 dan sekaligus menjadikan kekalahan pertama di musim ini.

Imbas dari kekalahan yang diderita oleh Persib dari Bhayangkara FC tersebut, pelatih Persib Robert Alberts menyebutkan bahwa para pemain terutama pemain lokal mentalnya langsung jatuh. Dia menilai mental para punggawanya langsung jatuh lantaran kekalahan yang diderita terjadi saat bermain di kandang. Namun Robert menegaskan kepada para pemainnya bahwa hal tersebut merupakan hal yang biasa dalam sepak bola.

“Seperti yang sudah saya lihat dan diskusikan sebelumnya, ketika tim ini kalah secara tidak penting oleh Bhayangkara, beberapa pemain lokal mentalnya down. Padahal itu adalah bagian dari sepakbola tapi itu membuat mental mereka jatuh karena kalah di kandang,” tutur pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Rupanya kekalahan yang diderita oleh Persib dari Bhayangkara FC itu merembet pada pertandingan tandang kontra Persebaya Surabaya. Dimana saat itu Persib dipermalukan Bajul Ijo dengan skor sangat telak yaitu 4-0. Robert menilai kekalahan tersebut imbas dari kesalahan mendasar yang dilakukan oleh para pemainnya.

Tapi selepas laga menghadapi Persebaya Surabaya, Robert Alberts mengaku cukup lega dengan mental pemain yang mulai kembali bangkit pada laga klasik menghadapi Persija Jakarta. Meski hanya berhasil mencuri 1 poin dari markas Persija, pertandingan tersebut bisa menjadi batu loncatan bagi para pemainnya untuk kembali bangkit dalam laga kontra Kalteng Putera pekan depan.

“Hasilnya di Surabaya mereka malah membuat kesalahan tidak penting. Sekarang mereka mendapat hasil yang layak di Persija dan banyak yang menganggap itu adalah laga tandang paling sulit Persib. Sekarang bisa dilihat pemain lokal lebih baik kondisi (mentalnya) dan itu hal positif yang kami miliki," katanya.

Persib akan menjamu tim promosi Kalteng Putera pada pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019. Laga tersebut akan digelar pada Selasa 16 Juli 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.***

Bagikan: