Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Kiper Persib Bandung Deden Natshir Cemas Tak Bisa Kembali Bermain Sepak Bola

Abdul Muhaemin
DEDEN Natshir*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
DEDEN Natshir*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Penjaga gawang Persib Bandung Deden Natshir harus menerima kenyataan pahit kala menjalani pertandingan kontra Persija Jakarta, Rabu 10 Juli 2019. Pada pertandingan yang dihelat di Gelora Bung Karno tersebut, dia mengalami benturan keras dengan pemain lawan, Bruno Matos.

Akibatnya, Deden Natshir harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi. Setalah dilakukan penanganan lebih lanjut, Deden Natshir didiagnosis mengalami patah tulang tibia dan fibula di kaki kirinya.

Dokter tim Persib Bandung Raffi Ghani yang mendampingi Deden Natshir mengatakan, sang kiper merasa sangat terpukul dengan cedera yang dialaminya. Selain kebugaran fisik yang kian menurun, mental Deden Natshir juga terpuruk dengan kejadian itu.

Bahkan Raffi Ghani menyebut Deden Natshir terus menanyakan apakah dia bisa kembali bermain sepak bola. Pasalnya Deden Natshir tengah dalam karier yang menanjak.

"Seperti kita ketahui, Deden Natshir sekarang bukan hanya segi fisik tapi juga mental (yang mengalami penurunan) karena tidak bisa bermain selama 6 bulan. Dia selalu bertanya apakah bisa bermain sepak bola lagi atau tidak. Saat lawan Persija, dia sedang enak-enaknya bermain dan banyak melakukan penyelamatan. Mentalnya agak terpukul karena cederanya," tutur Raffi Ghani dalam konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat 12 Juli 2019.

Terkait waktu dan proses pemulihan cedera Deden Natshir, Raffi Ghani menjelaskan, perlu waktu 6 bulan penyembuhan sejak dilakukan operasi. Tahapan selanjutnya adalah melakukan observasi dan serangkaian penanganan.

"Dalam kasus ini, perlu pemulihan 6 bulan sejak operasi hingga rehabilitasi. Tadi telah dilakukan dengan dua tongkat selama 6 minggu. (Kaki) yang cederanya belum bisa ditapakkan ke tanah. Beberapa waktu selanjutnya, bisa ditapakkan dan mulai berjalan, lalu tahap selanjutnya memulihkan kembali otot-otot yang mengalami cedera," katanya.

Enam bulan waktu penyembuhan Deden Natshir, kata Raffi Ghani, sebenarnya tidak bisa dipastikan lantaran waktu penyembuhan bisa lebih cepat atau justru lebih lama.

"Secara teori memang 6 bulan, tapi mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa lebih memcepat (penyembuhan). Mudah-mudahan saat rehabilitasi tidak terdapat komplikasi yang bisa memperparah," ujarnya.***

Bagikan: