Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 21 ° C

Preview Persija vs Persib Bandung, Duel Dua Tim Merana di GBK

Wina Setyawatie
PERSIJA vs Persib Bandung/DOK. PR
PERSIJA vs Persib Bandung/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Persib Bandung membutuhkan kemenangan untuk bisa memperbaiki peringkatnya di klasemen sementara Shopee Liga 1.

Sejauh ini, dari 6 pertandingan yang telah dilakoni, Pangeran Biru baru memetik sekali kemenangan. Kemenangan diperoleh atas Persipura pada laga perdana. Kemudian, trennya menurun setelah mencatatkan 3 kali hasil imbang dan 2 kali kekalahan.

Memasuki pekan ke-8, peringkat Pangeran Biru merosot ke papan bawah ke posisi ke-13 dari 18 peserta musim ini.

Tren yang semakin menurun benar-benar diwaspadai oleh Pelatih Persib Bandung Robert Rene Albert. Apalagi, Rabu 10 Juli 2019, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, mereka akan menghadapi laga besar di jagat sepak bola Indonesia. Semua mata tertuju kepada laga melawan Persija tersebut. 

"Kedua tim memiliki sejarah yang bagus. Sayangnya, kedua tim ini (Persib Bandung dan Persija) saat ini tidak dalam posisi yang bagus. Kami, pada pertandingan terakhir menelan kekalahan besar. Sehingga pada laga nanti, saya ingin memastikan bahwa kami akan mendapatkan hasil yang terbaik demi membawa pulang 3 poin," katanya. 

Persib.*/DOK. PR

Nasib Persija tidak jauh berbeda dengan Persib Bandung. Mereka kini menempati posisi satu strip di bawah Persib di klasemen sementara.

Dari lima pertandingan, Persija baru membukukan satu kemenangan, 2 kali hasil imbang, dan 2 kali kalah. 

Pada laga kali ini, Persib Bandung tidak mau mengulangi kesalahan yang sama saat mereka takluk 4 gol tanpa balas pada laga sebelumnya melawan Persebaya.

Ketika itu, menurut Robert Rene Alberts, kendalanya adalah mereka tidak dapat bertahan dengan baik. Padahal mereka mengawali permainan dengan bagus. 

"Saya tidak mau tim mengulangi kesalahan yang sama. Sebab,pada laga itu kami punya jumlah peluang bagus yang seharusnya bisa dijadikan gol. Seharusnya kami juga mendapatkan tendangan penalti," ujarnya.

Robert Rene Alberts dan Steven Paulle

Robert Rene Alberts mengatakan, dia sangat menghormati Persija. Berkaca pada pengalaman dia saat melatih PSM Makassar musim lalu, Persija dinilainya memiliki banyak pemain bagus. Termasuk salah satunya mantan pemainnya, Steven Paulle. 

"Keseimbangan Persija bagus. Tapi, situasi besok pasti akan berbeda. Harapan saya, laga ini akan berimbang sehingga semua orang bisa menikmatinya. Kami akan fokus ke laga dan intensitas nanti yang ada di lapangan saja. Hampir semua pemain, termasuk Ahmad Jufriyanto, khususnya  bisa dimainkan. Kecuali, Beckham Putra yang sedang di Timnas U-18,” ujarnya.

“Kondisi Ahmad Jufriyanto sudah membaik dan bisa saja tampil. Saya harap, dia bisa memberikan penampilan terbaiknya melawan Persija nanti," ujar Robert Rene Alberts.

Punya keuntungan

Sementara itu, Persija mengatakan timnya memiliki keuntungan tampil di kandang. Dengan dukungan suporter, Pelatih Persija Julio Banuelos menjamin timnya akan tampil habis-habisan. 

"Memang kami sedang dalam masa pertandingan yang padat. Dalam dua pekan, ada 4 laga tapi itu bukan kendala karena kami sudah melakukan persiapan dengan baik," ujarnya.

Persiapan yang baik membuat Julio tidak khawatir meski ada beberapa pemainnya yang cedera.

"Saya sangat tahu rivalitas kedua tim. Tapi itu di luar lapangan. Tugas saya memastikan bagaimana strategi, fokus, dan kerja sama tim di lapangan. Sejauh ini para pemain sudah mulai menemukan sentuhannya," ucapnya.***

Bagikan: