Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 20.3 ° C

Persija vs Persib Bandung, Viking dan Bomber Respons Larangan Bobotoh ke Jakarta

Miradin Syahbana Rizky
BOBOTOH Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
BOBOTOH Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Dua kelompok suporter Persib Bandung yaitu VPC (Viking Persib Club) dan Bomber (bobotoh Maung Bandung Bersatu) mendukung upaya Polda Metro Jaya yang melarang bobotoh menonton langsung laga melawan Persija pada lanjutan Shopee Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu 10 Juli 2019.

 Menurut Ketua Umum VPC Heru Djoko, larangan tersebut dibuat tak lain demi kebaikan bersama bagi kedua suporter baik Jak Mania maupun bobotoh.

"Kami memang belum bisa ke sana dan kami memaklumi hal itu karena menyangkut banyak karakter dan demi kebaikan bersama," ucap Heru Djoko di Bandung, Selasa 9 Juli 2019.

Dia mengatakan, sebagai organisasi, VPC telah menyebarkan informasi larangan tersebut melalui media sosial. Seluruh anggota VPC menerima larangan tersebut dengan lapang dada.

"Tentunya kami sudah mengimbau juga kepada seluruh anggota untuk tidak hadir dan alhamdulillah tanggapannya positif. Bobotoh ingin melupakan hal negatif mengenai persaingan dengan suporter lawan," tuturnya.

Persib.*/DOK. PR

Heru Djoko yakin bobotoh akan menggelar acara nonton bareng di berbagai tempat sebagai upaya mendukung Persib Bandung. Laga bertajuk el Clasico Liga Indonesia itu tentunya tak mungkin diabaikan bobotoh.

"Ini kan disiarkan secara langsung. Jadi, banyak yang menggelar nobar. Sampai sejauh ini, suasana persaingan suporter cukup tenang di medsos. Kedua belah pihak tak ada yang saling memprovokasi," tuturnya.

Heru Djoko meminta aparat keamanan mampu meningkatkan perlindungan kepada tim Persib Bandung, terutama di sekitar lapangan dan stadion guna menjaga kondusifitas antarsuporter akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Keamanan harus ekstra ketat untuk memberikan kenyamanan bagi tim tamu. Kami takut ada oknum yang tidak bertanggungjawab merusak kondusifitas kedua suporter. Laga harus berjalan tertib dan aman," ujarnya.

Apalagi, kata Heru Djoko, sudah cukup lama Persib Bandung tak bertandang ke stadion kebanggaan Indonesia tersebut. Laga Persib Bandung melawan Persija akan menjadi perhatian seluruh masyarakat pencinta sepak bola.

"Semoga laga Persija melawan Persib Bandung menjadi hiburan masyarakat. dan kami optimistis Persib Bandung menampilkan permainan terbaiknya untuk bisa meraih kemenangan," ujarnya.

Tanggung jawab pribadi

Hal senada dikatakan Ketua Umum Bomber Asep Abdul. Menurut dia, jangan sampai ada bobotoh yang memaksakan diri hadir ke stadion.

"Jika masih ada yang datang ke stadion, berarti itu tanggungjawab pribadinya karena memang secara organisasi kami selalu mengingatkan terus. Bomber mendukung kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Jadi, jangan sampai memaksakan diri;" kata Asep.

Asep Abdul berharap Persija Jakarta bisa menjadi tuan rumah yang baik. Dengan begitu, kedua tim akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya di atas lapangan.

"Tentu kami juga ingin menjadi tuan rumah yang baik. Saya tidak mau gangguan-gangguan kepada para pemain di luar lapangan. Kita harus memulai dari hal-hal kecil saja," ujarnya.***

Bagikan: