Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 21 ° C

Persib Bandung Melempem, Miljan Radovic Lontarkan Sindiran

Abdul Muhaemin
Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

RANGKAIAN hasil minor yang diderita Persib Bandung di Shopee Liga 1 masih belum usai. Yang teranyar, tim asuhan Robert Rene Alberts itu kalah telak oleh Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat 5 Juli 2019.

Kekalahan yang diderita Persib Bandung di Surabaya sekaligus menjadi kekalahan kedua musim ini. Pada pertandingan sebelumnya, Pangeran Biru tumbang di kandang sendiri oleh tamunya, Bhayangkara FC dengan skor akhir 1-2.

Pada tiga pertandingan sebelumnya, Persib Bandung juga hanya meraih hasil imbang saat melawan Semen Padang, PS Tira Persikabo, dan Madura United.

Serangkaian hasil buruk Persib Bandung itu mendapatkan perhatian dan sindiran dari mantan pelatih Miljan Radovic. Dia melontarkan kritik yang sepertinya ditujukan kepada Robert Rene Alberts.

Dalam unggahan terbarunya di akun Instagram @miljan58radovic, dia meminta agar seorang pelatih bisa bersikap profesional dalam hal apa pun. Ketika timnya menang atau kalah, itu merupakan hasil racikan sang pelatih.

"Pelatih haruslah bersikap profesional, jika ada seorang pelatih bekerja dalam beberapa bulan, maka itu adalah hasilnya," tutur Miljan Radovic.

BOBOTOH menyampaikan kritik terhadap tim saat Persib Bandung melawan Bhayangkara FC di Stadion SI Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 30 Juni 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Dia menilai, hasil yang diraih seorang pelatih bersama tim besutannya merupakan tanggung jawab langsug pelatih tersebut dan meminta tidak mengkambinghitamkan siapa pun atas hasil yang didapat termasuk menyalahkan pemain lantaran hal itu tidak dibenarkan.

"Jangan sampai Anda menyalahkan orang lain, karena itu merupakan tanggung jawab sebagai pelatih. Tidak ada alasan apa pun, bersikaplah profesional," katanya.

Kritik lini belakang

Dalam dua kekalahan beruntun yang diderita Persib Bandung, Robert Rene Alberts memang mengkritik lini pertahanan. Absennya bek tangguh Achmad Jufriyanto disebut sedikit banyak mempengaruhi performa lini belakang.

Sementara penampilan dua pemain yang menggantikan Achmad Jufriyanyo yaitu pemain muda Indra Mustafa dan Saepuloh Maulana mendapat sororan. Keduanya dianggap belum bisa menggantikan peran mantan kepten tim Persib yang berakibat kekalahan pada dua pertandingan terakhir.

Miljan Radovic menangani Persib Bandung pada awal persiapan musim ini. Setidaknya, dia menukangi Persib selama 4 bulan dengan mengikuti Piala Indonesia dan ajang pramusim Piala Presiden 2019.

Akan tetapi, beberapa pecan menjelang berlangsungnya Shopee Liga 1, Miljan Radovic secara mengejutkan hengkang. Manajemen klub mengatakan bahwa Miljan Radovic harus mengikuti kursus kepelatihan di Eropa yang mengharuskannya absen tidak mendampingi Persib dalam beberapa laga awal.***

Bagikan: