Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Cerah berawan, 29.1 ° C

Hadapi Persija, Bobotoh Diimbau Tak ke Jakarta

Abdul Muhaemin
PENDUKUNG Persib Bandung memberikan dukungan saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 antara Persib Bandung dengan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu, 23 Juni 2019.*/ANTARA
PENDUKUNG Persib Bandung memberikan dukungan saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 antara Persib Bandung dengan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu, 23 Juni 2019.*/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Laga penuh gengsi serta tensi tinggi akan tersaji pada pekan ke-8 kompetisi Shopee Liga 1 2019. Persija Jakarta akan menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu 10 Juli 2019. 

Intrik serta polemik yang kerap tersaji dalam duel kedua tim mulai terasa meski pertandingan yang dijuluki el clasico Indonesia ini, masih akan berlangsung empat hari lagi. Perseteruan panas yang kerap melibatkan kedua kelompok suporter, membuat masing-masing suporter tidak bisa mendukung tim kesayangannya kala bertanding di kandang rivalnya.

Hal ini juga berlaku pada pertandingan yang akan tersaji pekan depan. Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengirimkan surat imbauan kepada bobotoh yang merupakan pendukung Persib Bandung untuk tidak datang pada hari pertandingan.

Imbauan sekaligus larangan datang ke Jakarta itu tertuang dalam surat LIB dengan nomor 216/LIB/VII/2019, tentang Imbauan Suporter Pertandingan Liga 1 2019 Persija Jakarta vs Persib Bandung, tertanggal 5 Juli 2019.

"PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan bahwa atas berdasarkan hasil koordinasi Persija Jakarta dengan pihak kepolisian, bersama dengan ini LIB menyampaikan imbauan larangan kepada suporter Persib Bandung pada pertandingan Liga 1 2019 antara Persija vs Persib tanggal 10 Juli 2019, pukul 15.30 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta," demikian surat bertanda tangan Direktur LIB, Dirk Soplanit seperti dilansir laman resmi klub Persib Bandung.

Keputusan LIB untuk memberikan imbauan datang ke Jakarta merupakan tindak lanjut dari permohonan tim tuan rumah. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu telah mengajukan permohonan khusus kepada LIB melalui surat nomor: 400/PERSIJA/LIGA_1/VII-2019, perihal Permohonan Khusus Pertandingan Persija vs Persib, tertanggal 4 Juli 2019.

Imbauan larangan bagi bobotoh ini tentu saja telah sering terjadi. Begitu juga saat Persija Jakarta tandang ke Kota Bandung, The Jak Mania juga mendapatkan imbauan serupa.

Sudah tentu, alasan keamanan ada di balik imbauan yang telah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian itu. Jika melihat jejak perseteruan bobotoh dengan The Jak Mania, sudah banyak kejadian yang tidak diinginkan, mulai dari bentrok di antara kedua suporter, hingga yang paling tragis yaitu hilangnya nyawa suporter.***

Bagikan: