Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Persib Siap Putus Hasil Negatif

Irfan Subhan
BOBOTOH menyampaikan kritik terhadap tim saat Persib Bandung melawan Bhayangkara FC di Stadion SI Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 30 Juni 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
BOBOTOH menyampaikan kritik terhadap tim saat Persib Bandung melawan Bhayangkara FC di Stadion SI Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 30 Juni 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

SURABAYA, (PR).- Tim Persib siap memutus hasil buruk di tiga laga kandang sebelumnya pada Shopee Liga 1 2019. Pada laga sebelumnya, Supardi Nasir dan kawan-kawan hanya meraih dua kali imbang dan satu kali kalah, hingga akhirnya menempatkan skuad Maung Bandung berada di peringkat ke-10 klasemen sementara dengan nilai 6 hasil dari 1 kali menang, 3 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Persib mengemban misi yang cukup berat, karena harus menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat, 5 Juli 2019. Namun, pelatih Persib Robert Alberts telah menyiapkan timnya sebaik mungkin untuk memenuhi target membawa pulang poin ke Kota Bandung.

Tim Berjuluk Bajul Ijo sendiri sedang mengalami peningkatan setelah di dua pertandingan sebelumnya pada Shopee Liga 1 2019 meraih kemenangan dari Borneo FC dan Persela Lamongan.    

Namun, tim asuhan Djadjang Nurdjaman ini akan kehilangan beberapa pemain intinya seperti Osvaldo Haay, Damian Lizio, dan Oktavianus Fernando  saat menjamu Persib. Meskipun tidak akan diperkuat beberapa pemainnya, pelatih yang akrab disapa Djanur ini telah menyiapkan pemain lainnya untuk menghadapi mantan timnya tersebut.

Pelatih Persib Robert Alberts mengatakan, pertandingan nanti akan menjadi laga yang sangat menarik untuk ditonton karena dua tim besar dan legendaris di Indonesia akan saling bertemu.  

“Pemain sudah bangkit dari kekalahan di pertandingan kemarin. Saya pikir mereka lebih siap untuk bertanding. Mereka bagus dalam menciptakan banyak peluang. Sekarang kita sudah memperbaiki kesalahan kita. Dan saya pikir kita bisa ambil tiga poin untuk dibawa pulang,”tuturnya saat sesi konfrensi pers jelang pertandingan, di rumah dinas wakil wali kota Surabaya, Jalan Wali Kota Mustajab, Surabaya, Kamis, 4 Juli 2019. 

Robert mengatakan, pada pertandingan nanti dirinya juga kemungkinan akan menurunkan Esteban Gabriel Vizcarra yang sebelumnya harus absen untuk pemulihan pasca operasi di bagian lutut.

“Vizcarra juga sudah bisa main, tapi kita simpan dulu di bangku cadangan. Ini akan jadi pertandingan pertamanya di liga. Kita sudah persiapkan dia selama di latihan, saya harap rencana kita berjalan cukup baik dan kita bisa membawa Persib lebih bagus di putaran kedua,” katanya.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Pelatih asal Belanda tersebut menambahkan, hadirnya Vizcarra setidaknya akan emnambah kekuatan Persib karena pemain naturalisasi asal Argentina tersebut merupakan salah satu pemain gelandang yang bagus dan berkualitas.

“Saya sangat senang dia bisa bergabung dengan tim dan bisa berkontribusi lagi dengan tim. Saya tahu banyak supporter yang menantikannya dan ini akan menajdi kesempatan bagi dirinya untuk menunjukan kemampuan di lapangan,”ujarnya.

Sulit dikalahkan

Robert menilai Persebaya merupakan tim yang akan sulit untuk dikalahkan, bahkan di dua pertandingan sebelumnya mereka bisa meraih poin penuh baik saat bermain tandang maupun kandang.

“Saya tidak pernah melihat ke belakang, karena yang saya lihat hanya pertandingan ke depan. Persib tentu berbeda di setiap musimnya. Kita tahu bermain disini selalu berkesan karena atmosfernya. Saya selalu menantikan bertemu Surabaya, kita tahu sepak bola tidak ada yang bisa diprediksi. Karena itu saya tidak pernah melihat masa lalu, kita ingin melihat apakah kita dapat tiga poin,” ucapnya.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman mengatakan, meski hanya memiliki waktu pemulihan tiga hari setelah menjalani pertandingan melawan Persela Lamongan. Namun, timnya sudah siap untuk menghadapi Persib di laga pekan ketujuh Shopee Liga 1.

“Sama seperti persiapan sebelumnya, kami tetap menjalani satu hari istirahat dan tiga hari latihan sebelum menghadapi Persib. Ini akan terjadi untuk beberapa pertandingan ke depan, karena jarak satu pertandingan ke pertandingan lainnya hanya empat hari,” katanya.

Pelatih yang akrab disapa Djanur ini menambahkan, meski beberapa pemainnya absen, hal tersebut tidak menjadi masalah karena Persebaya masih memiliki beberapa pemain yang bisa diandalkan.

Djanur pun tidak ingin terlalu percaya diri, meski sebelumnya secara catatan selalu bisa mengalahkan Robert Alberts saat masih menangani tim lain seebelum Persib.  

“Tapi saya pikir tidak  ada korelasinya dengan pertemuan individu antara saya dengan Robert. Tapi yang pasti besok terjadi pertemuan antara Persebaya dan Persib itu lebih relevan untuk dibicarakan,” ucapnya.

Dia menilai, tensi pertandingan antara Persib dan Persebaya akan tinggi. “Jadi yang pasti kami Persebaya lagi butuh kemenangan saat bermain di Gelora Bung Tomo, kemudian Persib juga dalam keadaan yang harus bangkit. Jadi yang saya tahu besok pasti tensi pertandingan cukup tinggi. Saya tidak ingin mengupas atau mengulas tentang pertemuan saya dengan Robert, itu hanya diingat saja seperti yang sudah sudah, tinggal lebih fokus kepada kesiapan saya menghadapai Persib,” tutur pelatih asal Majalengka tersebut.***

Bagikan: