Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 20.3 ° C

Persib vs Persebaya, Alberts Tak Persoalkan Tekanan Bonek

Abdul Muhaemin
ILUSTRASI bobotoh.* / DOK.PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI bobotoh.* / DOK.PIKIRAN RAKYAT

BANDUNG, (PR).- Laga antara Persebaya vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat 5 Juli 2019 dipastikan akan berlangsung sengit. Bermaterikan pemain-pemain kelas wahid dan sama-sama mengusung misi meraih tiga angka, duel kedua tim diprediksi akan berjalan menarik hingga berakhir pertandingan.

Selain itu, hal yang tidak kalah menarik adalah terkait hubungan apik dari supporter kedua tim yang memang saling bersahabat. Bonek pendukung Persebaya serta Bobotoh dari Persib Bandung akan menambah semarak pertandingan antara Persebaya vs Persib Bandung tersebut.

Namun, meski adanya hubungan baik di antara kedua suporter, Persib Bandung sebagai tim tamu akan mendapatkan tekanan dari Bonek yang kerap memenuhi stadion. Menyadari akan adanya tekanan dari Bonek pada laga nanti, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Robert Alberts memandang bahwa tekanan yang diberikan Bonek kepada Persib Bandung adalah hal yang biasa dan menjadi bagian dari pertandingan. Dia hanya meminta agar tekanan yang diberikan masih dalam batas yang wajar dan tidak melanggar koridor fair play.

“Itu bagian dari pertandingan. Maksudnya karena tekanan itu datangnya dari diri sendiri. Tekanan dari luar itu hanya bagian dari pertandingan dan itu bukan menjadi beban, justru menjadi atmosfer yang bagus dan di Indonesia atmosfernya selalu bagus, tapi yang saya soroti adalah perilaku dari suporter. Bagi saya (tekanan suporter lawan) bagian dari pertandingan selama masih fair play,” katanya selepas latihan di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Rabu 3 Juli 2019.

Sementara itu pada pertemuan kedua tim musim lalu di kandang Persebaya, Persib Bandung berhasil meraih tren positif dengan menumbangkan lawannya itu. Kemenangan atas Persebaya musim lalu juga sekaligus memastikan titel juara paruh musim Persib Bandung. Disinggung mengenai kemungkinan kembali mengalahkan Persebaya Surabaya, dia enggan catatan apik musim lalu menjadi patokan lantaran semua tim telah mengalami perubahan.

“Seperti yang saya katakan, saya tidak pernah melihat ke belakang dan kalaupun melihat ke belakang itu untuk masa depan. Jadi itu tidak penting bagi saya,” ujarnya.

Persebaya tanpa pemain kunci

Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa menurunkan gelandang serang andalannya Damian Lizio kala menjamu Persib Bandung. Sang pemain berkebangsaan Bolivia itu mendapatkan kartu merah dalam laga menghadapi Persela Lamongan. Dia dipastikan tidak bisa diturunkan dalam pertandingan nanti.

Terkait absennya Lizio, Robert Alberts menilai sudah pasti telah diantisipasi oleh pelatih Persebaya Surabaya. Klub berjuluk Bajul Ijo itu telah menyiapkan sebelas pemain dalam misinya menghadang laju Persib Bandung.

“Saya selalu berkata di sepakbola Indonesia, setiap tim punya pemain kunci dan dia (Lizio) adalah salah satu pemain kunci. Tapi tim tetap dibangun oleh sebelas pemain, tentunya dia berpengaruh tapi kehilangan dia tidak begitu memberi dampak pada permainan menyerang Persebaya. Karena mereka tentu akan tetap bermain menyerang dan disana ada pemain lain yang berkualitas termasuk pemain lokalnya,” katanya.***

Bagikan: