Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 26.2 ° C

Kebijakan Rotasi Persib Bandung Membuat Pemain Muda Bisa Unjuk Gigi

Abdul Muhaemin
PEMAIN Persib Bandung Frets Butuan berebut bola dengan pemain Madura United David Laly dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 23 Juni 2019.*/ANTARA
PEMAIN Persib Bandung Frets Butuan berebut bola dengan pemain Madura United David Laly dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 23 Juni 2019.*/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Para pemain muda Persib Bandung nampaknya sudah mulai mendapatkan panggung di tim utama Persib Bandung. Beckham Putera Nugraha, Frets Listanto Butuan hingga Agung Mulyadi telah menjalani debut bersama Persib Badung di Liga 1 musim 2019 ini.

Dapatnya kesempatan bermain bagi para pemain muda memang tidak terlepas dari kebijakan sang pelatih Robert Rene Alberts. Strategi permainannya yang tidak mau mengandalkan beberapa pemain saja membuat kebijakan rotasi selalu dia gunakan dalam beberapa pertandingan.

Robert Rene Alberts menilai pemain muda di tim Persib Bandung seperti Gian Zola, Beckham Putera Nugraha, dan yang lainnya memiliki kesempatan yang sama untuk bermain. Meski kebijakan rotasi terbatas lantaran mengejar target kemenangan disetiap laganya, Robert Alberts tetap memberikan perhatian kepada pemain muda.

Salah satu pemain yang dia contohkan adalah punggawa Timnas Indonesia U-23 Gian Zola Nasrulloh. Musim lalu Zola dipinjamkan selama setengah musim ke Persela Lamongan, sebelum dikontrak Persib, dia sebenarnya telah mendapatkan banyak tawaran dari tim lain, namun semenjak Persib ditangani Robert Alberts, Zola langsung mendapatkan tempat di tim Persib Bandung.

"Beberapa pemain muda akan diturunkan. Rotasi memang terbatas tapi peluang terbuka lebar. Ini bagus untuk melihat pemain muda berpotensi  seperti Zola. Dia punya potensi yang luar biasa yang harus dia tunjukkan. Dia punya motivasi besar dan keseimbangan dalam Zola bagus," ujar sang pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Selain Zola nama-nama seperti Syafril Lestaluhu, Agung Mulyadi hingga penjaga gawang ketiga Persib Bandung M Aqil Saviq juga masih dalam pemantauan pelatih. Selain memiliki skill dan kemampuan yang bisa diandalkan, Robert memandang mereka memikiki motivasi dan potensi yang tinggi.

"Hal yang sama juga untuk Syafril, Agung juga demikian. Kita akan terus lakukan rotasi untuk pemain muda. Aqil juga bisa saja diturunkan karena dia punya potensi dan motivasi," katanya.

Regenerasi pemain di sebuah tim sepak bola memang sangat diperlukan. Persib sendiri tidak perlu pusing-pusing mendapatkan banyak talenta muda dengan skill mumpuni. Hal ini lantaran Persib memiliki tim-tim junior dan kerap mengorbitkan pemain di kancah sepak bola Indonesia.***

Bagikan: