Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya cerah, 27 ° C

Pekerjaan Rumah Buat Robert Alberts

Abdul Muhaemin
PERSIB Bandung vs PS Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 18 Juni 2019/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PERSIB Bandung vs PS Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 18 Juni 2019/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

SOREANG, (PR).- Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts punya pekerjaan rumah cukup sulit usai Persib ditahan imbang tamunya Tira Persikabo, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa 18 Juni 2019. Klub berjuluk Maung Bandung itu bermain seri 1-1 dengan saudaranya dari Bogor tersebut.

Sorotan langsung ditujukan kepada barisan penyerang Persib Bandung. Eechiel N'Douassel, Artur Gevorkyan, dan Frets Listanto Butuan yang diturunkan pada pertandingan tersebut gagal mencetak gol. Satu gol Persib Bandung justru dilesatkan Bojan Malisic lewat skema tendangan pojok.

Sang pelatih tidak menampik kegagalan Persib Bandung meraih poiln penuh di kandang sendiri tidak terlepas dari penyelesaian akhir yang buruk dari para pemainnya. Ezechiel, dkk. banyak menyia-nyiakan peluang yang didapat sehingga Persib gagal merengkuh tiga angka.

Bahkan, kritik tajam ditujukan kepada sang penyerang utama Ezechiel N'Douassel yang masih belum mencetak gol hingga pertandingan ketiga. Pemain berpaspor Chad tersebut sebenarnya memiliki banyak peluang, termasuk satu peluang terbuka ketika gawang sudah kosong, namun sepakannya malah berbalik arah, dan sama sekali tidak mengarah ke gawang Angga Saputro.

Kendati penyelesaian akhir menjadi masalah yang harus dipecahkan, Robert Alberts tetap memberikan apresiasi tinggi kepada para pemain yang telah berjuang dengan spartan. Dia akan tetap memberikan motivasi demi membawa tim bangkit dan bermain lebih konsisten.

"Saya pikir kita punya tiga peluang terbuka menjadi gol, kita berharap menjadi gol tapi itu tidak terjadi, tapi kami telah melatih untuk melakukan good finsihing di depan gawang, setelah tertinggal 0-1 mereka sempat down sedikit dan performa menurun. Jadi kita harus memotivasi untuk bangkit dan bermain konsiten baik di kandang maupun tandang," tutur Robert Alberts seusai laga.

Sementara itu, terkait pergantian pemain antara Kim Kurniawan yang menggantikan Artur Gevorkyan, sang pelatih menganggap bahwa hal tersebut sudah benar. Dia tidak menganggap Kim Kurniawan sebagai gelandang bertahan, lantaran sang pemain memiliki visi dan misi yang bagus dari segi penyerangan.

"Kim bukan gelandang bertahan tapi gelandang serang yang bagus. Kamu bisa lihat di pertadingan mengubah gaya serang, dan dia beberapa kali bisa mendobrak, dia punya kemenangan, dia punya kemampuan mengambil bola sehingga mencegah lawan melakukan serangan," katanya.***

Bagikan: