Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Umumnya berawan, 22.4 ° C

Emosi Pemain Persib Bandung Ganggu Komposisi Tim Inti

Irfan Subhan
PERSIB Bandung vs PS Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 18 Juni 2019/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PERSIB Bandung vs PS Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 18 Juni 2019/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

SOREANG, (PR).- Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts meminta para pemainnya agar mengendalikan emosi. Permintaan tersebut muncul guna menghindari kartu kuning yang dikeluarkan wasit untuk aksi-aksi lapangan yang tidak perlu.

Robert Rene Alberts selalu mengingatkan anak asuhnya mengenai hal itu karena bisa menimbulkan kerugian untuk tim dan pemain secara personal. Saat ini, Maung Bandung terancam kehilangan Ezechiel N’Douassel dan Bojan Malisic dalam laga menghadapi Madura United karena kedua pemain itu telah mengoleksi kartu kuning.

Akan tetapi, Robert Rene Alberts akan mengkaji terlebih dahulu regulasi yang ada karena sejatinya pertandingan melawan PS Tira Persikabo adalah pertandingan tunda pekan kedua dan pertandingan keempat melawan Arema FC juga mengalami penundaan sampai bata swaktu yang belum ditentukan.

Jika melihat kemungkinan yang ada, seharusnya Ezechiel N’Douassel dan Bojan Malisic absen pada pertandingan melawan Arema FC, bukan saat menghadapi Madura United yang merupakan laga pekan kelima.

PERSIB Bandung vs PS Tira Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 18 Juni 2019/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Saat menghadapi PS Tira Persikabo di Stdaion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 19 Juni 2019 malam, emosi beberapa pemain tuan rumah terpancing oleh provokasi pemain lawan.

Bahkan Ezechiel N’Douassel akhirnya mendapat kartu kuning karena melakukan protes kepada hakim garis.

“Saya tidak tahu Rene (Mihellic) sebelumnya, tapi saya tahu Ezechiel sejak musim lalu dia emosional. Banyak pemain yang emosi di lapangan tapi mereka harus belajar untuk mengontrol emosinya supaya tidak mendapat kartu kuning yang tidak penting,” tutur Robert Rene Alberts saat ditemui sesuai pertandingan.

Soal pola makan

Selain meminta pemainnya untuk menjaga emosi, Robert Rene Alberts memberi saran kepada Supardi dan kawan-kawan untuk menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya gizi dan vitamin.

“Sangat penting untuk menjaga apa yang dikonsumsi, banyak rekomendasi untuk mereka apa yang harus dimakan dan diminum untuk pemulihan. Dokter yang punya program dan dia yang memegang kendali itu,” katanya.

Saat pemain menjalani latihan intensif, salah satu yang paling penting bagi pemain adalah mengindari  makanan seperti nasi goreng, soto ayam, dan  bakso. “Itu Ttidak bagus untuk pemain karena mereka harus mengembalikan protein pada ototnya jadi lebih baik mereka setelah latihan mengonsumsi pasta atau buah-buahan untuk membuang racun dalam tubuh,” ujarnya.

Robert Rene Alberts mengatakan, dengan jeda persiapan menghadapi Madura United yang cukup singkat yaitu hanya 4 hari, para pemain diberikan waktu untuk pemulihan sambil menjalani latihan ringan.

“Kami harus melakukan pemulihan secara cepat karena kami hanya memiliki waktu sekira 5 hari untuk mengahadpi Madura United pada pertandingan selanjutnya. Pemain tidak akan libur dan kami akan kembali latihan untuk pemulihan,” tuturnya.***

Bagikan: