Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sebagian cerah, 29.5 ° C

Laga Persib Bandung Melawan Madura United Berpotensi Dijadwal Ulang

Irfan Subhan
PEMAIN Persib Bandung, Erwin Ramdani  berebut bola dengan  pemain Persib Bandung B pada pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis, 13 Juni 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN Persib Bandung, Erwin Ramdani berebut bola dengan pemain Persib Bandung B pada pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis, 13 Juni 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Pertandingan pekan ke-5 Liga 1 2019 antara Persib dan Madura United, yang akan dilakukan pada tanggal 23 Juni 2019, di Stadion Si Jalak Harupat, berpotensi mengalami penjadwalan ulang. Faktor keamanan menjadi alasan utama pihak kepolisian mengusulkan agar laga tersebut dijadwal ulang. 

Seperti diketahui, pada tanggal 23 Juni berdekatan dengan waktu sidang Mahkamah Konstitusi (MK) Pileg dan Pilpres 2019. Sebelumnya, pihak Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Persib telah melayangkan surat permohonan perizinan pada tanggal 27 Mei 2019 lalu. Pihak Panpel juga sudah melayangkan surat resmi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Meski berpotensi jadwal pertandingan mneglami pemunduran, piihak panitia penyelenggara pertandingan tetap berupaya untuk menggelar pertandingan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh PT. Liga Indonesia Baru. General Coordinator Panpel Persib, Budhi Bram Rachman mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Polres Bandung selaku pihak keamanan agar tidak terjadi pengunduran jadwal.

"Ya, kami akan terus mengusahakan supaya pertandingan bisa digelar sesuai dengan jadwal semula, yaitu 23 Juni. Kami akan terus melakukan komunikasi supaya ada hasil yang baik untuk semuanya," tutur Bram, Sabtu, 15 Juni 2019.

Sebelumnya hal ini pernah dialami oleh Persib saat akan menjamu PS Tira Persikabo yang sedianya dilakukan pada tanggal 23 Mei dimundurkan menjadi tanggal 18 Juni. Hal ini dilakukan karena pada tanggal 23 bertepatan dengan pengumuman hasil pemilihan presiden oleh Komite Pemilihan Umum (KPU).

Persiapan Persib Bandung lawan PS Tira

Sementara itu menjelang pertandingan pekan keempat saat menjamu PS Tira Persikabo, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa, 18 Juni 2019, pelatih Persib Robert Alberts pun mulai menyusun strategi untuk pertandingan nanti.

Pelatih asal Belanda tersebut mengatakan, persiapan telah dillakukan maksimal dan saat in semua pemain telah siap menatap pertandingan nanti. “Saya senang pekan ini kami bisa fokus ke pertandingan lagi. Para pemain kalian bisa lihat menatap ke depan, semangat dalam berlatih, termotivasi karena sudah lama kami tidak bertanding dan akhirnya kami bisa memulai lagi pertandingan,”katanya.

Robert mengatakan, jajaran pelatih sudah mempelajari kekuatan PS Tira-Persikabo dan mereka memiliki persiapan yang cukup panjang juga untuk menghadapi pertandingan lawan Persib. “Kami tahu kekuatan PS Tira, mereka memiliki start yang bagus, mereka memiliki tim yang bagus. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan sulit, tapi kami bertekad untuk memenangkan pertandingan, meraih tiga angka, kami juga ingin tetap dekat dengan tim lain dalam perolehan poin. Jadi kami sangat fokus untuk meraih tiga poin pada pertandingan kandang nanti,”ujarnya.

Dirinya pun tidak ingin berbicara statistik dan melihat hasil pertandingan sebelumnya saat kedua tim bertemu di babak penyisihan Piala Presiden. “Saya sudah bicara soal statistik, tapi sekali lagi kami ingin pecahkan statistik. Statistik ada untuk dipecahkan dan akan membuat rekor baru lagi,” ungkapnya.

Robert mengatakan, Persib memiliki sedikit keuntunggan karena akan bermain di kandang dan didukug langsung oleh para suporternya. Namun, pemain sudha diinstrukiskan agar tetap waspada karena PS Tira memiliki pemain kunci yang harus diwaspadai.  

“Tapi kami sadar itu karena kami bermain di kandang. Saya pikir setiap tim yang bermain di kandang akan berusaha bermain baik. Kami tahu mereka kuat, kami menyaksikannya melalui video. Seperti yang saya bilang, kami respect kepada mereka karena mereka tim yang bagus. Tapi saya pikir Persib juga memiliki pemain yang bagus dan menatap laga berikutnya,” tutur Robert.*** 

Bagikan: