Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 16.4 ° C

Tekad Fabiano Beltrame di Persib B, Ingin Transfer Ilmu ke Pemain Muda

Abdul Muhaemin
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Bek tangguh berdarah Brazil Fabiano Beltrame terpaksa harus turun kasta main di Liga 2 bersama tim satelit Persib B. Ini terjadi usai proses naturalisasi yang dilakukan tidak kunjung selesai hingga batas waktu pendaftaran pemain Liga 1 rampung.

Sehingga manajemen Persib Bandung memilih untuk memainkan Fabiano di Liga 2 sambil menunggu naturalusasinya selesai dan kembali ke tim utama pada putaran kedua.

Mendapati tidak bisa langsung bermain bersama Persib di Liga 1, Fabiano Beltrame mengaku legowo dengan keputusan tersebut. Dia menilai tidak ada perbedaan yang signifikan baik itu bermain di Liga 1 ataupun Liga 2.

Bahkan mantan pemain Arema FC, Persija Jakarta dan Persela Lamongan itu memiliki tekad tinggi untuk membantu tim Persib B agar bisa berbicara banyak di kompetisi Liga 2.

"Itu bukan seleksi saya punya kontrak di Persib, saya harus ikut apa yg mereka bicarakan, karena kalo saya latihan disana atau disini sama. Karena mungkin mereka pikir dalam waktu dekat itu surat keluar (naturalisasi), saya bisa main disini sebentar bantu tim yang baru membangun," kata Fabiano.

Sementara terkait rencana manajemen yang akan lebih banyak menggunakan pemain-pemain muda di Persib B, Fabiano menilai hal tersebut langkah yang sangat bagus. Sebab tidak dia pungkiri selama ini pemain muda banyak yang kehilangan panggung dan tidak mendapat menit bermain di Liga 1.

Fabiano juga berharap agar bergabungnya dia ke Persib B mampu menberikan kontribusi dalam perkembangan pemain muda bertalenta. Sebagai pemain senior, besar harapan Fabiano agar segala kemampuan dan pengalaman yang dimiliki bisa ditransferkan kepada para pemain Persib B nantinya.

"Kita dulu sudah pernah muda dan sekarang saya harus kasih yang saya bisa untuk bantu mereka dan mereka juga senang saya datang karena mungkun ada yang beda selisih 12 tahun, 13 tahun, yang penting saya fokus kasih 100 persen disini atau disana dan siap untuk putaran kedua atau main lebih dulu di Liga 2 disini saya siap," ujarnya.

Fabiano sebenarnya direkrut oleh Persib Bandung dari Madura United untuk dimainkan di Liga 1. Namun proses naturalisai menjadi WNI (Warga Negara Indonesia) yang dia ajukan masih belum selesai.

Hingga saat ini sang pemain yang sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Indonesia tersebut masih menunggu statusnya menjadi WNI.

Sementara itu disinggung mengenai perkembangan perubahan kewarganegaraan menjadi WNI tersebut, bek tangguh ini hanya tinggal mrngambil sumpah dihadapan presiden Republik Indonesia. Sehingga diperkirakan status WNI yang diajukannya tidak akan lama lagi akan keluar.***

Bagikan: