Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Sedikit awan, 24.7 ° C

Achmad Jufriyanto, Panggilan Timnas dan Motivasi di Persib

Abdul Muhaemin
PERSIB menghadapi Persipura dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 19 Mei 2019.*/ANTARA
PERSIB menghadapi Persipura dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 19 Mei 2019.*/ANTARA

PERSIB Bandung kembali menunjukkan konsistensinya sebagai klub pemasok Tim Nasional Indonesia. Yang teranyar adalah dua pemain Pangeran Biru yaitu Achmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi mendapatkan panggilan untuk membela panji merah putih dibawah komando pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy.

Jika Febri Hariyadi sudah sering dan menjadi pemain reguler untuk Timnas Indonesia sejak tahun lalu, maka lain cerita dengan Achmad Jufriyanto. Pemain yang berposisi sebagai bek tersebut akan menjalani comeback di Timnas Indonesia lantaran sudah cukup lama tidak dipanggil. Tercatat pemain yang akrab disapa Jupe itu terakhir kali bermain untuk Timnas Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Jupe lama tak masuk Timnas Indonesia, selain karena ketatnya persaingan dan banyaknya bek-bek tangguh di kompetisi Indonesia, sejak 2017 dia pun memilih pindah ke Liga Malaysia bersama Kuala Lumpur FA. Dengan demikian, performanya jarang terpantau langsung oleh pelatih.

Bahkan pada musim lalu, Jupe juga mengalami cedera yang membuatnya harus keluar dari Kuala Lumpur FA. Dia harus menjalani masa pemulihan cukup panjang sebelum akhirnya kembali ke Persib Bandung pada musim ini. Jupe sudah menjalani satu laga bersama Persib Bandung dalam pertandingan pertama Liga 1 menghadapi Persipura Jayapura.

Pelatih Simon McMenemy tampaknya langsung kepincut dengan penampilan Achmad Jufriyanto dalam pertandingan tersebut. Jupe pada pertandingan itu berhasil tampil memukau dan lugas di lini belakang Persib bersama Bojan Malisic. Dia sukses membuat Persib menang 3-0 dari Mutiara Hitam dan gawang Persib tetap perawan.

ACHMAD Jufriyanto.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

Kaget

Tampil membela Timnas Indonesia memang menjadi impian bagi para pemain termasuk Achmad Jufriyanto. Dia mengaku kaget sekaligus senang ketika mengetahui namanya masuk dalam daftar pemain yang akan menjalani pemusatan latihan mulai akhir Mei nanti.

"Pasti saya sangat bahagia bisa kembali memperkuat Timnas. Setelah sekian lama akhirnya saya bisa kembali lagi," tutur pemain yang juga pernah mempersembahkan gelar juara Liga 1 tahun 2014 dan Piala Presiden 2015 bagi Persib Bandung tersebut.

Melansir dari laman resmi klub, dia mengatakan bahwa pertama kali mengetahui panggilan Timnas Indonesia dari pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Jupe mengharapkan panggilan Timnas Indonesia bisa menjadi motivasi sekaligus pelecut semangat untuk bisa terus tampil baik.

"Terus terang saya kaget, sudah dikasih tahu juga oleh pelatih (Robert Alberts). Yang jelas, panggilan Timnas ini jadi tambahan motivasi untuk saya bersama Persib musim ini," katanya.

Ilustrasi.*/DOK PR

Kendati mendapatkan panggilan mengikuti agenda pemusatan latihan, Jupe belum bisa menyegel satu tempat utama di Timnas Indonesia. Hal ini lantaran dalam pemusatan latihan tersebut dia harus bersaing dengan nama-nama seperti Ricardo Salampessy, Novri Setiawan, Yanto Basna, hingga juniornya Hansamu Yama Pranata.

Perlu diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi dua laga uji coba yang masuk dalam kalender FIFA pada Juni mendatang. Pertama adalah melawat ke Yordania pada 11 Juni 2019. Lalu empat hari berselang, Indonesia akan menjamu Timnas Vanuatu.***

Bagikan: