Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Sihir Sang Meneer untuk Maung Bandung

Abdul Muhaemin
PELATIH Persib Bandng Robert Rene Alberts/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PELATIH Persib Bandng Robert Rene Alberts/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Pergantian kursi kepelatihan di tim Persib Bandung hanya kurang dua minggu menjelang kompetisi Liga 1 bergulir memang cukup mengejutkan banyak pihak. Selama kurang lebih empat bulan para pemain ditempa latihan bersama Miljan Radovic, namun dengan alasan sang pelatih akan melakukan kursus kepelatihan di Eropa, akhirnya manajemen Persib memilih untuk mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Montenegro tersebut.

Tidak butuh waktu lama bagi Persib Bandung untuk mencari pengganti Miljan Radovic, hanya beberapa jam usai mengumumkan pemecatan Miljan Radovic. Manajamen klub berjuluk Maung Bandung tersebut langsung menunjuk pelatih yang kaya akan prestasi di sepak bola Indonesia yaitu Robert Rene Alberts.

Hadirnya mantan pelatih PSM Makassar dan Arema FC itu tampaknya benar-benar menghadirkan perbedaan suasana. Setelah empat bulan lamanya melakukan persiapan dengan terus-terusan latihan, tidak dimungkiri oleh para pemain menimbulkan kejenuhan alias suntuk.

Namun belum lama ini, sang pelatih berkebangsaan Belanda tersebut memberikan program persiapan yang berbeda. Dia memilih untuk membawa anak asuhnya “libur latihan” dan membawa para pemain ke salah satu tempat wisata di daerah Lembang. Pada program outbound tersebut para pemain dan jajaran pelatih melakukan berbagai kegiatan yang saling membuat kekompakan tim semakin kuat.

Gaya melatih Robert Rene Alberts tidak dimungkiri oleh gelandang Persib Erwin Ramdani memberikan sentuhan  magic dan membawa perbedaan pada tim. Erwin menilai bahwa sang pelatih benar-benar mengedepankan asas kekeluargaan kepada seluruh pemainnya. Robert Alberts dikatakannya benar-benar menganggap semua pemain sama dan tidak ada perbedaan.

“Yang saya lihat sih dari coach Alberts ini kekeluargaan. Yang bermain, pemain cadangan dan yang ga main itu tetap satu tim. Dia berpesan, kayak tadi juga bilang jangan cuma 11 pemain aja yang siap tapi juga ketika saya masuk dan Kim masuk tidak mengubah karakter pemain dan harus lebih bagus dari sebelumnya,” tutur Erwin di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Senin 20 Mei 2019.

Usai ditunjuk menjadi pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memang berhasil membawa perubahan positif dalam tim. Dua laga telah dilewati oleh sang meneer Belanda dan keduanya berakhir untuk kemenangan tim Persib Bandung.***

 

Bagikan: