Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 16.4 ° C

Menang Berkat Sinergi Pemain Asing dan Lokal

Abdul Muhaemin
ERWIN Ramdani.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
ERWIN Ramdani.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Kehadiran pemain asing di sepak bola Indonesia tidak bisa dimungkiri memiliki peranan penting dalam skema permainan bagi tim-tim yang berlaga. Para klub kontestan Liga 1 tidak jarang menjadikan para pemain asing sebagai tumpuan sekaligus pembeda yang tidak jarang memberikan perbedaan dalam permainan.

Hal ini bisa terlihat dari mendominasinya para pemain asing dalam pencetak gol hingga pembuat umpan terbanyak di setiap musimnya. Lantaran memang klub-klub di Liga 1 memiliki kecenderungan mendatangkan pemain asing yang berposisi sebagai pemain depan serta gelandang, lalu pemain bertahan. Sementara untuk posisi penjaga gawang, klub di Liga 1 masih mempercayakan kepada para pemain lokal.

Begitu besarnya pengaruh pemain asing dalam sebuah tim diakui gelandang Persib Bandung Erwin Ramdani.  Hal itu juga berlaku bagi tim yang dibelanya usai menjalani pertandingan pertama di Liga 1 menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 18 Mei 2019.

Empat pemain asing yang dimiliki Persib Bandung yaitu Ezechiel N’Douassel, Artur Gevorkyan, Rene Mihelic, serta Bojan Malisic menurut Erwin sangat berpengaruh terhadap permainan Persib Bandung. Terlebih lagi menurut Erwin dua pemain asing anyar Persib Bandung yaitu Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic berhasil menunjukkan kualitasnya.

“Sangat berpengaruh. Di liga kita tidak bisa dibohongin, kita masih sedikit banyaknya tergantung pada pemain asing. Mental, juga mereka lebih bagus dari kita. Saya pribadi yang terpenting itu buat terbaik untuk persib, tapi tidak mengurangi kerja keras saya untuk menit bermain,” tutur Erwin Ramdani di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Senin 20 Mei 2019.

Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic memang sukses memukau bobotoh dan sang pelatih Robert Rene Alberts dalam laga perdananya tersebut. Bahkan Artur sukses mencetak dua gol pada pertandingan yang berakhir dengan skor telak 3-0. Sementara Rene Mihelic juga berperan besar dalam proses gol yang tercipta. Pemain asal Slovenia tersebut juga menjadi eksekutor tendangan bebas serta tendangan pojok tim Maung Bandung.

Lebih lanjut, meski pemain asing memiliki pengaruh besar pada permainan tim, Erwin enggan menyangsikan peran pemain-pemain lokal di dalam lapangan. Dia tetap menilai para pemain lokal di Persib Bandung tetap memiliki kualitas yang tidak jauh dan mampu mengimbangi peran pemain asing.

Hal tersebut membuahkan hasil dengan kemenangan yang diraih oleh Persib Bandung atas tim yang berjuluk Mutiara Hitam itu. Erwin menganggap kemenangan yang diraih oleh Persib Bandung merupakan hasil dari kerja keras seluruh pemain termasuk para pemain yang ada di bangku cadangan dan pemain yang tidak masuk dalam daftar pemain.

“Ya alhamdulillah start yang bagus buat musim 2019 dan saya ucapkan terima kasih pada 11 pemain yang telah berjuang di lapangan dan pemain cadangan dan pemain yang di atas. Kemenangan itu adalah kemenangan kita semua, satu tim,” ujar pria yang juga merupakan seorang tentara tersebut.***

 

Bagikan: