Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Robert Rene Alberts Pertimbangkan Rotasi Posisi Penjaga Gawang

Abdul Muhaemin
*/DOK. PR
*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Kemenangan Persib Bandung atas Persipura dengan skor 3-0 tidak serta merta bebas dari kritik yang dilayangkan oleh bobotoh. Pada saat pertandingan tersebut masih berlangsung saja ribuan bobotoh yang hadir di Stadion Si Jalak Harupat memberikan kriktik kepada penjaga gawang M Natshir.

Meski berhasil tampil tanpa kebobolan, dalam beberapa momen bobotoh yang menganggap penampilan M Natshir tidak maksimal justru mengelu-elukan nama penjaga gawang I Made Wirawan yang berada di bangku cadangan.

Disinggung mengenai kritik yang dilayangkan oleh bobotoh tentang performa M Natshir, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tidak menampik bahwa di posisi penjaga gawang memerlukan perbaikan serta evaluasi. Dia juga mengerti mengapa bobotoh memberikan kritik dan merupakan hal yang wajar.

Namun kendati akan melakukan evaluasi tentang penampilan sang kiper, Robert Alberts tetap memberikan apresiasi pada M Natshir. Dia menilai bahwa M Natshir tampil cukup baik dan melakukan banyak penyelamatan. Hal itu bisa dilihat dari skor akhir yang membuat Persib tidak kebobolan.

“Masih harus berkembang, masih harus berlatih seperti yang diharapkan dari penjaga gawang, itu normal. Kritik selalu bagus selama itu membangun dan jangan lupa dia juga melakukan banyak penyelamatan bagus dan menang 3-0 yang artinya tetap menjaga gawang tanpa kebobolan. Tapi kami akan berdiskusi dengan tim untuk menguasai bola dan dia harus perbaiki itu,” katanya di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Senin 20 Mei 2019.

Penjaga gawang I Made Wirawan memang posisinya telah tergantikan oleh M Natshir sejak musim lalu. I Made harus menjadi pemanas bangku cadangan lantaran penampilan apik M Natshir. Namun sepertinya bobotoh menilai bahwa penampilan M Natshir tidak konsisten dan I Made layak diberikan kesempatan.

Pelatih Robert Alberts mengatakan bahwa kemungkinan untuk melakukan rotasi di posisi penjaga gawang bukanlah hal yang tidak mungkin. Jika penampilan M Natshir buruk maka I Made Wirawan akan menggantikan posisinya, selain itu progress dalam latihan menjadi pertimbangan lain sang pelatih dalam menentukan siapa yang akan diturunkan dalam pertandingan.

“Itu bergantung dengan kemajuan di pekan ini. Sebuah hal yang normal merotasi penjaga gawang tapi harus di saat yang tepat untuk mengganti kiper,” tuturnya.***

Bagikan: