Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Langit umumnya cerah, 20.7 ° C

Persib Bandung Masih Punya Ruang untuk Terus Berkembang

Irfan Subhan
PELATIH Persib Bandng Robert Rene Alberts/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PELATIH Persib Bandng Robert Rene Alberts/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Tiga poin yang diraih Persib Bandung pada pertandingan perdananya di Liga 1 tidak membuat Pelatih Robert Rene Alberts berpuas diri. Bahkan, Pelatih asal Belanda tersebut akan melakukan evaluasi karena masih ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki.

Pelatih berusia 64 tahun tersebut memberikan jatah libur sehari kepada para pemain setelah pertandingan melawan Persipura. Hal itu sebelumnya tidak termasuk program yang telah disusun karena Robert Rene Alberts teah merencakan tetap berlatih usai melawan Persipura.

“Sayangnya, pertandingan selanjutnya melawan PS Tira Persikabo harus ditunda, dan saya telah belajar dari apa yang memang tidak bisa kita duga. Sekarang kami memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan tim menghadapi pertandingan selanjutnya melawan Semen Padang,” tutur Robert Rene Alberts, Senin 20 Mei 2019.

Dia mengatakan, jajaran pelatih akan melakukan evaluasi karena masih banyak kelemahan yang harus diperbaiki saat berkaca pada pertandingan melawan Persipura.

PERSIB menghadapi Persipura dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 19 Mei 2019.*/ANTARA

Pada pertandingan itu, mantan Robert Rene Alberts menerapkann strategi 4-4-2 dengan memasang Artur Gevokyan dan Ezechiel N’Douassel sebagai tumpuan di lini depan Persib Bandung.

Hasilnya akurat, karena pemain Persipura kesulitan menghadapi serangan cepat yang dibangun para pemain Persib Bandung.

Robert Rene Alberts juga melihat pola permainan yang dilakukan anak asuhnya sudah padu, bahkan komunikasi bisa terjalin maksimal sepanjang pertandingan meski masih ada sedikit celah yang bisa dimanfaatkan lawan.

“Pemain bisa saling mendengarkan bersama dan  saling bekerja sama. Mereka saling memotivasi satu sama lain, itu salah satu kunci kemenangan di pertandingan melawan Persipura,” katanya.

Hasil dari pertandingan perdana itu tidak terlepas dari kerja keras yang telah ditunjukan para pemain selama masa persiapan yang dilakukan lebih dari empat bulan.

Optimisme bobotoh meningkat

Selain itu, kemenangan juga membuat bobotoh semakin optimistis tim kesayangannya bisa kembali bersaing di papan atas Liga 1 setelah harus menghadapi serangkaian insiden yang tidak diduga pada putaran kedua Liga 1 musim lalu.

“Racikan pelatih Robert Rene Alberts sudah menunjukan pekembangan. Kalau melihat hasil pertandingan kemarin, saya yakin Persib bisa bersaing dengan tim-tim unggulan dan bahkan mudah-mudahan bisa juara,” tutur Yadi Suryadi, bobotoh asal Cicalengka.

Hal senada juga diungkapkan oleh Arif Rahman Akbar, bobotoh asal Jalan Cipageran, Cimahi. Dia menuturkan, perolehan tiga poin di laga pertama sangat penting karena dari situ bobotoh bisa melihat kerja keras dan semangat juang yang ditunjukan oleh pemain Persib Bandung.

“Datangnya Robert Rene Alberts menggantikan Miljan Radovic kemarin juga membuat bobotoh mulai optimistis Persb bisa bersaing di liga, dan terbukti di pertandingan lawan Persipura kemarin Persib sudah bisa menunjukan kepada bobotoh,” ucapnya.***

Bagikan: