Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Laga Persib Bandung vs PS Tira Persikabo Tak Mendapat Rekomendasi Izin Keamanan

Irfan Subhan
PEMAIN Persib Erwin Ramdani mengecoh pemain Persipura dalam laga Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Sabtu 18 Mei 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
PEMAIN Persib Erwin Ramdani mengecoh pemain Persipura dalam laga Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Sabtu 18 Mei 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

SOREANG, (PR).- Pertandingan kedua Persib Bandung di Liga 1 menjamu PS Tira Persikabo yang seharusnya digelar 23 Mei 2019 mengalami penundaan. Kepolisian tidak memberikan rekomendasi keamanan untuk pertandingan tersebut.

General Coordinator Panitia pelaksana Pertandingan Persib Budhi Bram Rachman mengatakan, panpel sudah mengajukan surat permohonan izin penyelenggaraan pertandingan melawan PS Tira Persikabo berbarengan dengan izin pertandingan menjamu Persipura.

“Persib telah menerima surat dari Polres Bandung dan sudah disampaikan bahwa pertandingan Persib menghadapi PS Tira Persikabo tidak mendapat rekomendasi tangggal 23 Mei,” tutur Budhi Bram Rachman di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 18 Mei 2019 malam.

PERSIB menghadapi Persipura dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 19 Mei 2019.*/ANTARA

Dia mengatakan, alasan tidak direkomendasikannya penyelenggaraan tersebut adalah karena banyak personel kepolisian yang disebar ke setiap daerah untuk pengamanan menjelang pengumuman hasil Pemilu oleh KPU.

“Kami sudah sampaikan surat tersebut kepada PT Liga Indoensia Baru selaku operator liga, untuk status pertandingannya kami serahkan kepada PT LIB, kami juga memohon untuk penjadwalan ulang,” katanya.

Budhi Bram Rachman mengatakan, panpel menghormati alasan tidak keluarnya izin pertandingan antara Persib Bandung dengan PS Tira Persikabo pada 23 Mei 2019 karena faktor keamanan.

“Ini mungkin lebih ke pengamanannya, personel pengamannya lebih banyak ditempatkan di tingkat-tingkat kecamatan atau daerah-daerah, di tingkat Polda juga mungkin seperti itu,” ujarnya.

Penjadwalan ulang diduga dilakukan juga tim lain karena pada tanggal yang sama ada beberapa pertandingan. Budhi Bram Rachman mengtakan, dia tidak tahu mengenai masalah itu karena panpel Persib Bandung hanya mengurus perizinan di wilayah Polres Bandung dan Polda Jabar.

“Kemungkinan sama, tapi saya belum tahu seperti apa teknisnya karena belum mendapat informasi juga. Sebetulnya masalah perizinan bukan wewenang kami, kami sudah mengajukan sejak jauh-jauh hari. Jadi, sebelum H-7 kami sudah mengajukan berbarengan dengan permohonan izin pertandingan dengan Persipura,”ujarnya.

Pindah kandang ke bogor

Budhi Bram Rachman mengatakan, mengenai kabar pemindahan tempat pertandingan dari Stadion Si Jalak Harupat ke Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, dia belum memikirkan hal itu karena kemungkinan besar tidak akan mendapat ijin penyelenggaran pertandingan.

“Pindah homebase, belum terpkir ke sana. Kami fokus di Bandung saja sekarang ini. Mengenai hal itu, kita serahkan ke operator, biar nanti penjadwalan ulang seperti apa ditentukan oleh operator.***

Bagikan: