Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Langit umumnya cerah, 15.5 ° C

Persib Masih Galau Soal Fabiano Beltrame

Irfan Subhan
FABIANO Beltrame .*/ABDUL MUHAEMIN/PR
FABIANO Beltrame .*/ABDUL MUHAEMIN/PR

BANDUNG, (PR).- Kompetisi Liga 1 2019 telah berjalan, namun Persib masih dilanda kecemasan dengan belum rampungnya naturalisasi Fabiano Da Rosa Beltrame. Sejatinya, jika proses naturalisasi pemain asal Brasil tersebut selesai, maka dia akan didaftarkan sebagai pemain lokal, mengingat kuota untuk pemain asing di Persib telah tercukupi.

PT Liga Indonesia Baru selaku operator liga masih membuka pendaftaran untuk pemain lokal sampai tanggal 23 Mei. Artinya masih ada waktu hampir satu pekan untuk menunggu proses naturalisasi pemain berusia 37 tahun ini.

Belum selesainya proses naturalisasi ini, membuat Fabiano tidak bisa tampil saat Persib menjamu Persipura Jayapura pada laga perdananya di Liga 1 2019, di Stadion Si Jalak Harupat.

Jika naturalisasinya selesai lebih dari tanggal 23, maka Persib pun tidak bisa menggunakan jasa Fabiano di putaran pertama ini. Artinya tim asuhan Robert Alberts ini akan menggunakan pemain lain karena stok untuk pemain bek tengah di skuad Maung Bandung masih mencukupi.

“Soal Fabiano kita berharap menjelang penutupan pendaftaran proses naturalisasinya bisa rampung. Tapi kalaupun misalnya masih belum, kita serahkan semuanya kepada pelatih bagaimana mencari solusi yang terbaik. Jadi menyangkut pemain kita serahkan kepada Robert Alberts untuk kaitannya yang  nanti akan berlaga dengan tim manapun. Tapi  mohon doanya saja proses naturalisasi Fabiano berjalan lancar,” tutur Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S. Taryono, di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Jumat 17 Mei 2019.

Dia menambahkan, tahapan mekanisme naturalisasi memang cukup panjang. Manajemen pun akan melihat kembali proses naturalisasi Fabiano ini sudah sejauh mana dan kapan kepastian masalah ini bisa selesai.

“Sebetulnya proses itu tadi cukup banyak mekanisme menyangkut naturalisasi ini. Saya belum bisa bilang proses terakhir sudah sampai mana? Tapi nanti kami akan melakukan pengecekan, kan ini tanggal 18 laga perdana lawan Persipura,  masih ada kesempatan lah dalam tenggang waktu sebelum pendaftaran, kami akan lakukan pengecekan terakhir khususnya menyangkut proses naturalisasi Fabiano sudah sampai mana,” katanya.

Kuswara mengatakan, mengingat proses naturalisasi Fabiano masih menunggu tahapan akhir, manajemen akan melakukan pengecakan secara menyeluruh karena untuk menjalani naturaliasai melibatkan beberapa institusi yang terkait dengan naturalisasi.

“Untuk Fabiano ini kan akan didaftarkan sebagai pemain naturalisasi dan masih ada durasi waktu. Tentunya kalaupun memang belum keluar (naturalisasi) maka tanggal 18 belum dimungkinkan untuk main. Tapi menyangkut penentuan pemain, manajemen menyerahkan  sepenuhnya kepada Robert Alberts, siapa yang nanti akan bermain. Apakah nanti di laga tgl  18 melawan Persipura? Atau nanti laga lawan tim lain. Kan di laga kedua nanti Persib akan menghadapi PS Tira kalau gak salah tanggal 23. Tapi untuk PS Tira juga kami masih menunggu. Tapi sekarang kita pikirkan yang terdekat dulu lah. Tim ini fokus yang terdekat bagaimana caranya menghadapi Persipura, dan bagaimana tim mendapatkan kemenangan dan bisa meraih poin penuh,” ujarnya.***

Bagikan: