Pikiran Rakyat
USD Jual 14.060,00 Beli 14.158,00 | Sebagian cerah, 21.3 ° C

Robert Rene Alberts: Sepak Bola Indonesia Miliki Banyak Pekerjaan Rumah Kotak Masuk x Sudah Muat x

Abdul Muhaemin
Pelatih Persib Robert Rene Alberts.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
Pelatih Persib Robert Rene Alberts.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

SOREANG, (PR).- Kompetisi Liga 1 2019 akhirnya telah memainkan laga perdananya dengan mempertemukan tim promosi PSS Sleman menghadapi Arema FC pada Rabu 15 Mei 2019. Seperti diketahui, Liga 1 musim ini telah beberapa kali mengalami perbuahan serta penundaan jadwal, sehingga molornya waktu pelaksanaan kompetisi membuat semua tim kontestan harus berfikir keras menyiapkan berbagai program.

Seringkalinya kompetisi di sepak bola Indonesia mengalami penundaan serta perubahan jadwal memang sudah bukan menjadi rahasia umum. Kejadian seperti ini seperti menjadi tradisi dan kebiasaan yang dari musim ke musim tidak ada perubahan dan menunjukkan tidak profesionalnya sepak bola Indonesia.

Karut marutnya pelaksanaan kompetisi sepak bola Indonesia diakui pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts sebagai hal yang menjadi kebiasaan dan menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Padahal jika PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sebagai induk federasi sepak bola tertinggi di Indonesia melakukan pembenahan, hal ini bisa berdampak pada citra sepak bola Indonesia di mata Internasional.

Jika kualitas kompetisi Liga 1 mengalami pembenahan dari berbagai aspek, Robert Alberts mengungkapkan bahwa AFC yang menjadi induk federasi sepak bola Asia akan memberikan penilaian positif kepada Indonesia. Selain itu, nantinya peringkat sepak bola Indonesia juga akan mengalami peningkatan.

“Saya harap semua improve baik dari kualitas saat ini sehingga kita bisa lebih baik di AFC, dan peringkat negara juga lebih baik lagi dibanding negara lain, jika liga improve maka yang lain juga akan mengikuti dan kompetisi liga siap untuk level selanjutnya,” katanya usai memimpin sesi latihan sore di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu 15 Mei 2019.

Lebih lanjut, pelatih berkebangsaan Belanda itu mengharapkan agar kompetisi Liga 1 musim ini yang baru saja dimulai bisa lebih baik dari penyelenggataan sebelumnya. Hal yang menjadi sorotan Robert Alberts adalah terkait regulasi serta edukasi terhadap supporter tim yang berlaga di sepak bola Indonesia.

“Saya harap liga akan lebih baik, baik dari efisiensi di lapangan dan mereka juga telah mengembangkan regulasinya, ini sangat penting untuk semua mengikuti regulasi agar tidak terjadi lagi kasus seperti musim lalu, (enggak jelas) dan saya harap supporter lebih beredukasi lagi sehingga tidak ada lagi kejahatan karena itu bukan bagian dari sepak bola,” ujarnya.***

Bagikan: