Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 19.9 ° C

Persib Bandung Hadirkan Jersey Bernuansa Jabar, Warna Hitam Paling Laku

Irfan Subhan
JERSEY Persib Bandung 2019/ANTARA
JERSEY Persib Bandung 2019/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Setiap tahunnya kostum (jersey) yang digunakan oleh para pemain Persib selalu memiliki tema yang berbeda-beda. Tema-tema yangg diterapkan tersebut sangat identik dengan ciri khas Jawa Barat.

Beberapa tema yang pernah dipakai dan diterapkan pada kostum Persib antara lain adalah kujang, harimau, era keemasan Persib (golden era), dan terakhir tema yang diangkat musim lalu menyertakan juga nostalgia Persib juara Liga Indonesia edisi pertama.

Desain kostum yang ditampilkan selalu dinanti-nanti oleh para bobotoh, khususnya para kolektor kostum sepak bola Persib pada setiap awal musim atau saat peluncuran tim, karena biasanya selang sehari setelah peluncuran kostum ini dijual ke publik.

Selain menjadi identitas tim saat meng­arungi kompetisi, kostum Maung Bandung juga sarat akan semangat dan nilai filosofis. Pada acara peluncuran tim Persib untuk Liga 1 2019, di Hotel Savoy Homann, Sabtu 11 Mei 2019, kostum ini pun akhirnya diperkenalkan.

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil hadir pada launching tim dan jersey Persib Bandung yang akan mengarungi Liga 1 tahun 2019, di Hotel Savoy Homan Bandung, Sabtu 11 Mei 2019.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

Ada delapan kostum yang diperkenalkan yaitu kostum untuk pertandingan kandang, tandang, netral, dan tiga untuk kostum penjaga gawang, serta dua kostum latihan. Khusus untuk kostum pada pertandingan kandang, sangat jauh berbeda dibandingkan musim lalu.

Kostum laga kandang ini didominasi warna biru cerah dengan kerah baju berwarna kuning. Untuk warna tulisan sponsor tetap menggunakan warna putih. Warna untuk kostum pertandingan tandang masih tetap memilih warna putih dengan warna kerah biru dengan warna tulisan sponsor hitam dan biru.

Sementara itu, desain kostum netral menggunakan warna hitam dengan warna untuk logo dan tulisan sponsor ber­warna perak. Tiga kostum penjaga gawang masing-masing berwarna me­rah, hijau stabilo, dan abu-abu. Adapun kostum latihan ada dua pilihan yaitu biru dengan gradasi putih dan sebaliknya

Desainer kostum Persib musim 2019, Achmad Gunawan menuturkan, konsep yang diterapkan untuk  kostum Maung Bandung tahun ini lebih menekankan pada unsur kedaerahan yang sangat kental.

KIPER Persib I Made Wirawan menunjukkan kostum yang akan digunakannya pada Liga 1 Indonesia 2019 saat pelun­curan di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu 11 Mei 2019. Ada delapan kostum yang diperkenalkan.*/ARIF HIDAYAH/PR

Menurut dia, bobotoh sudah mengakar bukan hanya di Bandung, tetapi sudah menyebar hingga ke seluruh Jawa Barat, Indonesia, dan bahkan hampir di setiap negara ada bobotoh.

Terdapat aksen peta Jawa Barat yang disematkan pada kostum Persib untuk Liga 1 2019, di mana filososfi ini mengartikan bahwa Persib merupakan klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

”Peta yang disajikan di baju adalah salah satu simbol tersebut. Ada aliran-aliran garis, seakan memusat ke tengah atau ke Kota Bandung. Tetapi selain identitas daerah, tetap tidak hilang aura Maung Bandung pada jersey tersebut,” kata pria yang karib disapa Iwan ini.

Tidak bisa dimungkiri bahwa suporter fanatik Persib pun menyebar ke daerah Indonesia lainnya. Iwan pun menambahkan bentuk bendera Merah Putih untuk mewakili mereka. Dengan slogan #GoPERSI860 serta #Ngahiji, konsep kostum itu dibuat sebagai satu kesatuan.

”Semoga kita menjadi nomor satu kembali. Harapan itu yang kami impikan dalam setiap sentimeter jersey.”

Pada acara peluncuran kostum ini di­peragakan oleh para pemain Maung Bandung. Kostum tersebut dikenakan ­Erwin Ramdani, Achmad Jufriyanto, ­Bojan Malisic, Febri Hariyadi, Kim ­Jeffrey Kurniawan, I Made Wirawan, M Aqil Savik, dan Deden Natshir sebagai model.

Erwin tampil dengan jersey utama Maung Bandung berwarna biru-biru, Achmad Jufriyanto dengan jersey away putih-putih, Febri dengan jersey ketiga berwarna hitam-hitam. 

Warna hitam paling dicari

Manajer Persib Store Okta Triana Usman mengatakan, penjualan kostum warna hitam paling laku dibandingkan dengan biru dan putih. Ketika pertama kali gerai buka di Graha Persib lantai 2, bobotoh langsung tertuju memesan kostum hitam.

”Warna hitam ini dianggap lebih elegan. Warna biru dan putih juga cukup laku, tetapi lebih banyak warna hitam,” katanya. 

Menurut Okta, kostum orisinal hanya dijual di Persib Store. Oleh karena itu, bila ada yang menawarkan orisinal di tempat lain, bobotoh diharap berhati-hati.***

Bagikan: