Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 20.5 ° C

Memprediksi Formasi Persib Bandung ala The Dutchman di Liga 1 2019

Tim Pikiran Rakyat
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

Sebagai mantan pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam Belanda, Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tentunya punya gen se­pak bola menyerang yang kental.

Karakter ofensif selalu dia tunjukkan pada tim-tim pim­pinannya saat malang melintang di Korea Selatan, Malaysia, hingga Liga Singapura.

Dalam tiga musim terakhir, Robert Rene Alberts mampu membuat PSM Makassar disegani lantaran permainan menyerang yang atraktif. Formasi ofensif 4-3-3 menjadi pakem favorit Robert Rene Alberts saat menakhodai tim berjuluk Juku Eja tersebut.

Dengan sumber daya memadai, formasi tersebut sangat mungkin dia terapkan di Persib Bandung. Memang, Persib Bandung tidak punya gelandang brilian sekelas Willem Jan Pluim atau Mark Klok yang menjadi otak serangan PSM pimpinan Robert Rene Alberts musim lalu.

Akan tetapi, penggawa yang dimiliki Maung Bandung saat ini cukup kompetitif untuk memperagakan permainan cepat dan agresif.

Dalam formasi 4-3-3, Persib Bandung bisa mengandalkan dua bek tengah dengan memilih di antara Bojan Malisic, Fabiano Beltrame, atau Achmad ”Jupe” Jufriyanto mengingat Jupe baru pulih dari cedera, duet Bojan-Fabiano adalah opsi utama berada di hadapan kiper M Natshir. Bek sayap kiri dihuni Ardi Idrus, sedang­kan di kanan Supardi Nasir.

PERSIB Bandung melawan Borneo FC pada laga leg kedua babak 8 Besar Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 4 Mei 2019. Persib menang 3-2 tetapi aturan gol tandang membuat tuan rumah tersingkir.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Untuk sektor tiga gelandang, Rene Mihelic diandalkan sebagai gelandang serang, diapit gelandang pekerja, seperti Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono, Vizcarra, atau Dedi Kusnandar.

Ghozali Siregar sebagai penyerang sayap kiri dan Febri Hariyadi sebagai penyerang sayap kanan, menjadi penopang untuk striker utama Ezechiel N'Douassel.

Seperti pendapat Kusnaeni, formasi 3-4-3 juga sangat mungkin diterapkan Persib Bandung karena keberadaan tiga bek tengah berpengalaman, Jupe, Bojan, dan Fabiano. Pada formasi ini, empat gelandang bisa diisi oleh Ardi Idrus, Rene Mihelic, Kim Jeffrey, dan Supardi Nasir. Lini serang tetap dihuni trio Ghozo, Eze, dan Febri atau Artur Gevorkyan.

Dengan total 29 pemain yang didaftarkan untuk meng­arungi Liga 1 2019, Persib Bandung punya kedalaman materi pemain cukup baik musim ini.

Untuk sektor bek sayap, ada Zalnando, Henhen Herdiana, sedangkan bek tengah masih menyisakan Saepuloh Maulana, Indra Mustafa, hingga M Sabillah.

PEMAIN baru Persib Bandung, Zalnando (tengah) saat menjalani sesi latihan pagi di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Senin (21/1/2019).  Dirinya mengaku bangga bisa bergabung bersama tim besar yang dihuni pemain senior rekannya terdahulu di tim Sriwijaya FC.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Di sektor gelandang, Maung Bandung memiliki nama-nama potensial seperti Gian Zola, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Dedi Kusnandar, hingga pemain senior Hariono. Sementara, di sisi penyerangan, masih ada Frets Butuan dan Muchlis ­Hadi.

Wajar jika kemudian Robert Rene Alberts tidak mengeluhkan stok pemain yang ada di timnya. Meskipun bukan hasil perekrutannya, dia merasa cukup dengan komposisi pemain yang saat ini ada.

Robert Rene Alberts bahkan mengaku sudah memiliki gambaran skema dan komposisi pemain yang akan diterapkan pada Liga 1 2019.

”Liga akan dimulai dan Persib sudah memiliki komposisi pemain yang cukup. Kami juga banyak memiliki pemain muda. Saya tidak memiliki rencana untuk mendatangkan pemain baru. Fokus menghadapi Liga 1. Yang perlu diperbaiki adalah mental ketika menghadapi tekanan,” kata Robert Rene Alberts.

Saat diperkenalkan sebagai Pelatih Persib, sesudah dikontrak hingga 2021 dengan opsi perpanjangan setahun, Robert Rene Alberts langsung mematok target membawa Maung Bandung menjadi juara, bahkan lebih dari sekali.

”Musim ini harus lebih baik. Otomatis, saya ingin membawa Persib juara, itulah target saya. Membawa persib lebih baik dari musim lalu dan jadi juara di musim ini. Kalau ditanya ingin bawa tim Persib juara, bukan cuma satu juara, tapi jadi juara lebih dari satu musim,” ujarnya.

Nasib Fabiano Beltrame dan pemain lain yang tercoret

Sesuai regulasi yang telah ditetapkan, masing-masin tim di Liga 1 hanya bisa mendaftarkan maksimal 30 pemain dengan ketentuan harus ada slot 7 pemain di bawah usia 23 tahun atau kelahiran 1 Januari 1997. Ada satu pemain yang akan terdepak dan kemungkinan akan dipinjamkan.

Robert Rene Alberts mengatakan bahwa jika naturalisasi Fabiano Beltrame rampung sebelum 22 Mei 2019, pemain asal Brasil tersebut akan menjadi bagian dari tim untuk Liga 1 2019.

Sebaliknya, jika ternyata naturalisasinya tidak selesai sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, Pange­ran Biru akan menggunakan pemain lain sebagai pengganti dan Fabiano akan bisa tampil di putaran kedua ketika naturalisasinya selesai.

”Kami tidak bisa mendaftarkan 31 pemain, hanya 30 pemain sesuai dengan regulasi. Sekarang kami masih menunggu Fabiano dan mudah-mudahan naturalisasinya bisa segera selesai,” tutur Robert Rene Alberts.

PEMAIN belakang Persib Bandung, Fabiano Beltrame melempar bola saat menjalani sesi latih­an pagi di lapangan Saraga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 10 April 2019 lalu.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Manajemen klub juga telah mencoret Muhammad Al Amin Syukur Fisabillah dan Fulgensius Billy Paji Keraf. Pelatih asal Belanda tersebut mengaku tidak bisa memberikan jawaban dan manajemen yang lebih tahu apakah pemain tersebut dipinjamkan ke klub lain atau ada opsi lainnya.

“Kalau untuk peminjaman pemain saya rasa sudah tidak mungkin karena Liga akan segera dimulai, kecuali ke klub Liga 2. Tapi saya percaya dengan semua pemain, mereka akan bekerja keras dan memberikan hasil terbaik untuk Persib,” katanya.

Terkait banyaknya jumlah pemain pada posisi bek tengah dan gelandang tengah, pelatih sudah mengantongi solusi dan semua pemain harus bekerja keras demi meraih target yang diinginkan.

”Gelandang ada banyak pemain, tetapi kami harus kerja keras untuk situasi itu, kami cari solusi tetapi ini bisa jadi poin untuk kami. Sayangnya kami memang kekurangan untuk pemain depan (stri­ker), tetapi konsep sudah ada,” ujarnya.

Robert Rene Alberts cukup takjub melihat acara peluncuran tim Persib bandung. Dia bahkan tidak menyangka jika acara ini akan berlangsung cukup meriah meski bobotoh tidak bisa menyaksikannya secara langsung.

”Saya pikir ini liga yang profesional, maka pemain harus merasa nyaman. Persiapan yang baik, organisasi yang bagus, dan pelun­curan ini sangat bagus dan profesional. Ini jadi inspirasi bagi pemain musim ini,” ucapnya. (Arif Budi Kristanto, Irfan Subhan)***

Bagikan: