Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 19.9 ° C

Robert Rene Alberts Beri Persib Sentuhan Berbeda

Abdul Muhaemin
Pelatih Persib Robert Rene Alberts.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
Pelatih Persib Robert Rene Alberts.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

PERSIB Bandung secara mengejutkan mengganti Miljan Radovic dengan Robert Rene Alberts di kursi kepelatihan. Pergantian dilakukan hanya satu hari menjelang laga yang menentukan dalam leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia 2019 menghadapi Borneo FC, 4 Mei 2019 yang lalu.

Selain pergantian yag mendadak, hal yang mendapatkan sorotan adalah persiapan tim yang sudah cukup lama dilatih Miljan Radovic dalam mempersiapkan musim 2019 harus kembali mengalami perubahan.

Manajemen Persib Bandung mengatakan bahwa Miljan Radovic harus menjalani kursus kepelatihan UEFA Pro di Eropa saat kompetisi Liga 1 baru dimulai. Pelatih berkebangsaan Montenegro itu hendak mengajukan izin cuti, namun tidak dikabulkan oleh manajemen yang lebih memilih menggantinya dengan pelatih yang kenyang pengalaman dan prestasi yaitu Robert Rene Alberts.

Pergantian kursi pelatih yang mendadak menjelang kompetisi Liga 1 bergulir diakui oleh bek tangguh Persib Bandung Fabiano Beltrame merupakan hal yang lumrah dan wajar dalam dunia si kulit bundar.

Dia menuturkan bahwa baik pelatih maupun pemain akan sering keluar ataupun masuk dalam sebuah tim. Namun yang patut digaris bawahi, menurut Fabiano, siapapun yang bergabung pastinya memiliki keinginan untuk membantu tim.

Robert Alberts yang baru melatih beberapa hari, dikatakan Fabiano, harus dibantu oleh semua elemen tim agar bisa melakukan proses adaptasi bersama tim dengan cepat demi bisa mandapatkan feel yang sama.

"Saya pikir itu dari sepakbola sudah biasa pemain keluar pelatih keluar ada yang masuk, yang penting yang masuk dia ingin bantu kita dan untuk dia cepat adaptasi kita yang sudah lama harus bantu dia biar cepat adaptasi dan kebih kompak," tutur Fabiano Beltrame di Lapangan Sabuga, Kota Bandung, Kamis 9 Mei 2019.

Kendati harus kembali adaptasi dengan pelatih baru, Fabiano tentu tidak asing dengan Robert Alberts yang pernah dia hadapi dalam beberapa pertandingan. Menurut Fabiano, Robert Alberts merupakan pelatih yang tidak perlu diragukan lagi kiprah dan kualitasnya.

Hal ini, dia katakan, lantaran merasakan bagaimana sentuhan berbeda dari gaya pelatih Robert Alberts meski baru beberapa hari bergabung. Para pemain diakui Fabiano selalu paham dengan intruksi dari pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Tentu dengan keadaan seperti sekarang, Persib sudah siap menyongsong laga perdana Liga 1 kontra Persipura yang akan dihelat pada 18 Mei 2019 mendatang.

"Persiapan sudah bagus pelatih sekarang kasih menu yang beda untuk persiapan pertandingan itu yang tanggal 18 anak-anak sudah mulai paham apa yang dia mau dan kita masih punya waktu satu minggu lebih untuk persiapan lebih baik, semoga nanti kita dapat tiga poin," katanya.***

Bagikan: