Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 20.5 ° C

Konsentrasi Jadi Titik Lemah Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan Curi Perhatian

Tim Pikiran Rakyat
PEMAIN Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan berebut bola dengan pemain Borneo FC Jan Lammers dalam laga leg kedua perempat final Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 4 Mei 2019.*/ANTARA
PEMAIN Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan berebut bola dengan pemain Borneo FC Jan Lammers dalam laga leg kedua perempat final Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 4 Mei 2019.*/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Pendiri Flower City Casual, Arlan Sidha menilai bahwa permainan Persib Bandung saat menjamu Boreno FC pada leg kedua babak 8 Besar Piala Indonesia mengalami perkembangan bila dibandingan pertandingan sebelumnya.

Kendati demikian, secara detail beberapa pemain masih melakukan kesalahan, salah satunya ialah hilangnya konsentrasi.

"Saya tidak menyoroti apakah Persib Bandung lolos atau tidak, tapi lebih menyoal kengototan pemain, ini bisa menjadi modal saat Liga 1. Ada catatan tentang tidak bisa mempertahankan kemenangan. Artinya, Robert Rene Albert paham apa yang harus dievaluasi," ujarnya dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Sabtu 4 Mei 2019.

PERSIB Bandung melawan Borneo FC pada laga leg kedua babak 8 Besar Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 4 Mei 2019. Persib menang 3-2 tetapi aturan gol tandang membuat tuan rumah tersingkir.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Arlan Sidha menerangkan, pemain Persib Bandung kerap keteteran saat tim dalam posisi menang. Persoalan mental dan konsentrasi itulah yang perlu segera dibenahi Pelatih sebelum Liga 1 dimulai.

"Konsentrasi pemain harus dibenahi. Ketika menang jadi kendor dan ada komunikasi juga yang masih kurang. Jadi, Robert Rene Alberts masih coba melihat apa saja yang kurang di tim ini," ujarnya.

Gelandang tampil memukau

Persib Bandung dipastikan tersingkir dari ajang Piala Indonesia usai kalah agregat gol tandang dari Borneo FC. Kendati kalah, mantan pemain Persib Bandung Yudi Guntara menyebut bahwa secara permainan, tuan rumah sudah mengalami perkembangan luar biasa.

Yudi Guntara menyoroti sosok Kim Jeffrey Kurniawan yang tampil spartan. Menurut dia, Kim Jeffrey Kurniawan mampu menyeimbangkan lini tengah baik ketika menyerang maupun bertahan.

"Secara umum, Persib Bandung tampil cukup baik dengan tidak tampilnya dua pemain asing. Yang paling mengesankan adalah Kim Jeffrey Kurniawan, di samping puya sikap yang profesional dan sangat disiplin, dia juga terus menunjukan permainannya yang baik setelah hampir setahun mengalami cedera patah tulang fibula," katanya.

Yudi Guntara mengatakan, biasanya pemain yang tampil kembali etelah cedera lama akan kesulitan mencapai performa puncaknya. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Kim Jeffrey Kurniawan.

"Saya pernah bilang kepada dia (Kim Jeffrey Kurniawan), kamu harus bangkit dan punya keinginan untuk top lagi, dan dia menunjukan bahwa dia sangat profesional, saya senang itu. Kelihatan jiwa disiplin dan rasa memilikinya," ucap Yudi Guntara.***

Bagikan: