Pikiran Rakyat
USD Jual 13.961,00 Beli 14.059,00 | Cerah berkabut, 25.1 ° C

Robert Rene Alberts Nilai Pemain Persib Keteteran Hadapi Tekanan

Abdul Muhaemin
*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

SOREANG, (PR).- Pelatih anyar Persib Bandung Robert Rene Alberts berhasil menjalani debut manis bersama Maung Bandung. Menjamu Borneo FC dalam leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, tim yang dilatihnya sukses menang dengan skor tipis 3-2.

Namun meski berhasil memenangkan pertandingan dalam laga yang digelar Sabtu 4 Mei 2019 itu, Robert Alberts gagal membawa Persib lolos ke babak semifinal lantaran kalah agregat gol tandang dari Borneo FC. Seusai laga, Robert Alberts menuturkan bahwa para pemain Persib Bandung tertekan ketika Borneo FC berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Padahal ketika Persib unggul 1-0 para punggawa Persib Bandung berhasil tampil lepas dan permainan masih terorganisir.

Selain itu dia juga menyebutkan bahwa di tim Persib Bandung terdapat banyak pemain muda. Hal ini turut berpengaruh pada jatuhnya mental pemain saat kedudukan kembali sama. Namun dia menegaskan bahwa ajang Piala Indonesia hanyalah sebatas ajang persiapan, Robert Alberts mengharapkan agar di kompetisi yang sesungguhnya Persib Bandung bisa tampil konsisten di setiap laganya.

"Saya pikir ketika pemain telah lelah tidak bisa membuat keputusan dengan baik, saat kita unggul 1-0 kita masih bisa bermain cukup bagus ketika borneo menyamakan kedudukan menjadi 1-1, semua bisa melihat mental team drop, kita banyak pemain muda di tim ini dan kita harus melakukan persiapan dan saya bilang tim belum komplit saat ini dan masih preseason Piala Indonesia bukan bagian dari liga 1 2019," tutur Robert Alberts dalam sesi konferensi pers.

Kendati tim yang dilatihnya gagal melangkah ke babak semifinal, pelatih berkebangsaan Belanda itu mengaku mendapatkan hal yang penting. Tekanan yang dihadapi beberapa pemain dalam laga tersebut membuat dia bisa menilai kesiapan para pemain yang diturunkan.

"Tapi ini sangat penting untuk melihat ketika pemain dalam tekanan, dan bisa melihat beberapa pemain kesulitan membuat keputusan saat dalam situasi seperti ini. Hari ini saya pikir bisa melihat pemain saat tertekan masalah dan membuat keputusan di lapangan, banyak hal yang tidak seharusnya terjadi hari ini," ujarnya.

Laga Persib vs Borneo FC ini duharapkan mantan pelatih Arema FC dan PSM Makassar tersebut bisa semakin memantapkan persiapan menjelang berlangsungnya kompetisi Liga 1 2019. Dia menjanjikan bahwa di kompetisi Liga 1 Persib akan tampil berbeda dan konsisten.

"Sekarang saya akan melihat kedepan untuk tim dan mempersiapkan tim untuk liga, dan kita bisa siap saat liga dimulai, karena akan berbeda ketika liga dimulai nanti," kata pelatih berusia 64 tahun itu.***

Bagikan: