Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Sedikit awan, 22.2 ° C

Daftar Pemain yang Mungkin Dicoret Persib Bandung

Abdul Muhaemin
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

KEDATANGAN Achmad Jufriyanto dan Atrur Gevorkyan di Persib Bandung menjadi angin segar bagi bobotoh. Kedua pemain tersebut digadang-gadang akan semakin melengkapi tim.

Akan tetapi di balik perekrutan keduanya, bobotoh memberi sorotan serta kritik terhadap tim yang dinakhodai Miljan Radovic.

Sorotan serta kritik yang ditujukan terkait gemuknya tim saat ini. Sebelum Achmad Jufriyanto dan Artur Gevorkyan bergabung, bobotoh banyak menuangkan kritik yang menyinggung banyaknya pemain yang ada saat ini. Saat ini terdapat 35 pemain yang tercatat masih menjalani program latihan di Persib Bandung.

Jumlah pemain yang begitu banyak akan menimbulkan permasalahan. Salah satunya soal kondusifitas saat menjalani latihan. Hal itu bahkan sempat disinggung Miljan Radovic yang menganggap bahwa banyaknya pemain tidak membuat tim semakin kondusif tapi sebaliknya.

Miljan Radovic, pada beberapa waktu lalu turut mengatakan, idealnya suatu tim terdiri atas 24 hingga 26 pemain. Untuk merealisasikannya, besar kemungkinan akan teerjadi perampingan tim. Akan ada pemain yang dicoret atau dipinjamkan ke tim lain.

MILJAN Radovic/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Miljan Radovic harus bergerak cepat untuk menentukan daftar pemain untuk musim kompetisi 2019 karena Liga 1 akan dimulai pada 8 Mei 2019.

Jika tidak segera menentukan komposisi pemain, hal yang paling dikhawatirkan adalah para pemain yang tidak dipertahankan sulit mendapatkan pelabuhan lain.

Manajemen klub sebaiknya segera memberi kepastian agar kesempatan mereka untuk bergabung bersama klub lain tidak semakin tertutup.

Hal itu beberapa kali pernah disinggung pemain Persib terutama pemain muda yang mengkhawatirkan karier dan masa depannya.

Miljan Radovic, semenjak awal masa kepelatihannya di Persib Bandung, sering menegaskan bahwa tidak ada yang istilah pemain senior atau junior dalam suatu tim.

Perkataan dia terbukti dengan kombinasi pemain junior dan senior di tim. Untuk menjaga kombinasi itu, berikut ini beberapa pemain dari berbagai posisi yang bisa saja dicoret oleh pelatih Miljan Radovic.

Belakang

Khusus untuk posisi penjaga gawang, tiga kiper saat ini yaitu Deden Natshir, I Made Wirawan, dan M Aqil Saviq sepertinya telah mendapatkan tempat yang aman.

Miljan Radovic memastikan bahwa setidaknya dibutuhkan tiga penjaga gawang dalam mengarungi semusim kompetisi.

Pemangkasan pemain bisa dilakukan Miljan Radovic untuk posisi pemain bertahan, lini belakang menjadi salah satu posisi yang disesaki pemain dengan total 10 orang baik sebagai bek tengah maupun bek sayap.

Setidaknya ada tiga pemain yang mungkin dicoret, entah diputus kontraknya atau menjalani masa peminjaman ke kelub lain. Ketiga pemain itu adalah M Sabillah, Mario Jardel, serta Indra Mustafa.

Indra Mustafa/DOK PR

Nama M Sabillah menjadi pemain yang besar kemungkinan akan dicoret. Dia cukup lama tidak mengikuti latihan bersama tim. Sempat muncul kabar bahwa dia akan dicoret.

Selain itu, menilik performanya bersama Persib Bandung musim lalu, M Sabillah beberapa kali mendapat sorotan karena penampilannya yang di bawah ekspektasi terutama saat Bojan Malisic absen lama.

Mario Jardel dan Indra Mustafa sepertinya harus berjuang keras bersaing dengan nama-nama beken yang menghuni tim saat ini. Namun, ketika keduanya tidak masuk skema permainan, Mario Jardel masih bisa kembali ke tim Persib U-20 dan terus mengasah kemampuan.

Nama Indra Mustafa tentu akan sangat disayangkan jika harus didepak dari tim. Kualitas serta umurnya yang masih muda bisa menjadi tabungan bagi Persib Bandung di masa depan.

Bahkan dia juga beberapa kali membela Timnas Indonesia di berbagai ajang. Namun, jika melihat persaingan di posisinya saat ini, Indra Mustafa akan lebih baik diberikan jam terbang serta menit bermain dengan menjalani opsi peminjaman ke lub lain.

Tengah

Posisi yang paling banyak disesaki pemain di tim Persib Bandung saat ini adalah di lapangan tengah baik gelandang maupun sayap.

Ada 15 pemain yang mengisi posisi tersebut baik senior atau junior, lokal atau asing. Posisi tengah sepertinya akan menjadi posisi yang akan banyak dilanda pencoretan pemain.

Dua jebolan Persib yaitu Agung Mulyadi dan Puja Abdillah menjadi nama yang mungkin jarang mendapatkan menit bermain, bahkan sejak era kepelatihan Mario Gomez.

Memiliki kemampuan yang bisa diandalkan tidak membuat kedua pemain itu bisa merebut hati Mario Gomez maupun Miljan Radovic.

Kalau situasi Persib Bandung akan menyulitkan dalam hal persaingan posisi di lini tengah, keduanya sah-sah saja jika ingin hengkang dan mencari petualangan baru bersama tim lain.

Bahkan Puja Abdillah mengaku ada beberapa tim yang menawarinya. Hanya karena masih terikat kontrak, dia lebih mempriorotaskan Persib Bandung.

PUJA Abdillah/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Rekan seangkatan Mario Jardel yaitu Syafril Lestaluhu beberapa kali sempat diberi kesempatan mengikuti latihan. Kapten tim Persib U-19 yang mempersembahkan gelar juara musim lalu itu tidak perlu risau gagal menembus skuat Persib Bandung. Dia bisa kembali ke Persib U-20 dan mempersembahkan gelar juara lagi.

Di lapangan tengah juga ada Billy Keraf dan Gian Zola. Beberapa waktu lalu keduanya dikabarkan merapat ke tim Bhayangkara FC. Nmun kabar tersebut terus memudar seiring keikutsertaan mereka dalam latihan Persib Bandung. Keduanya tidak menutup kemungkinan gagal menembus skuat utama Miljan Radovic.

Pada kompetisi musim 2018 saja, kedua pemain tersebut dipinjamkan lantaran persaingan yang begitu ketat. Namun, keduanya sukses memberikan penampilan terbaik pada masa peminjaman.

Gian Zola dipinjamkan ke Persela dan Billy Keraf ke Borneo FC. Keduanya menjadi nama yang masuk dalam daftar pemain Timnas U-23 pada dua ajang bergengsi beberapa waktu yang lalu dibawah arahan pelatih Indra Sjafri. Pencapaian itu tentu bisa menjadi pembuktian bagi keduanya kepada Miljan Radovic.

Seumpama Gian Zola dan Billy Keraf tidak masuk skema tim Miljan Radovic, kedua pemain itu bisa kembali dipinjamkan untuk terus mengasah kemampuan serta mendapatkan menit bermain.

Depan

Posisi penyerang hanpir bisa dipastikan selalu ditempati para juru gedor asing. Penampilan apik Ezechiel N’Douassel bersama Persib Bandung musim lalu akan menjadi jaminan sang pemain menjadi pilihan utama. Belum lagi, hadirnya penyerang Turkmenistan Artur Gevorkyan.

Selain nama kedua pemain asing itu, Persib Bandung mempunyai 4 pemain lokal yang memiliki umur masih muda dan belum punya banyak jam terbang.

Mereka adalah Frets Listanto Butuan, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Ilham Qolba, dan M Wildan. Frets Butuan dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh bisa menjadi pelapis Ezechiel N’Doassel dan Artur Gevorkyan. Sementara Ilham Qolba memiliki kesempatan untuk bergabung kembali dengan Persib U-20.

FRETS Butuan.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Nama yang terakhir, M Wildan, sepertinya harus segera memikirkan masa depannya di Persib Bandung. M Wildan menjadi pemain yang masa depannya paling riskan di Persib karena jarang mendapat kepercayaan bermain.

Pada usianya yang baru menginjak 22 tahun, tentu akan sangat disayangkan jika harus terus menghangatkan bangku cadangan tim dan bahkan sering sekali tidak masuk dalam daftar susunan pemain.

Daftar pemain Persib Bandung yang masa depannya harus segera dipastikan manajemen klub

1. M Sabillah
2. Mario Jardel
3. Indra Mustafa
4. Agung Mulyadi
5. Puja Abdillah
6. Syafril Lestaluhu
7. Billy Keraf
8. Gian Zola
9. Frets Listanto Butuan
10. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh
11. Ilham Qolba
12. M Wildan

Bagikan: