Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 24 ° C

Rekam Jejak Rene Mihelic dan Kendala yang Bisa Terjadi Jika Direkrut Persib Bandung

Okky Ardiansyah
RENE Mihelic/SPROTSKEEDA
RENE Mihelic/SPROTSKEEDA

RENE Mihelic, pemain berpaspor Slovenia, dikabarkan menjadi target Persib Bandung selanjutnyadi bursa transfer. Padahal, kini Persib Bandung telah begitu sesak dengan 35 pemain. Slot pemain asing sudah penuh setelah kedatangan Artur Gevorkyan.

Rumor soal Rene Mihelic mencuat di media sosial manakala bobotoh mengajak sang pemain untuk bergabung. Situasi itu selaras dengan hasrat Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic untuk merekrut satu pemain lagi.

“Mungkin ada (tambahan pemain baru), kita lihat nanti karena sampai kompetisi (dimulai), jendela transfer masih buka. Mungkin satu pemain lagi dan saya berharap bisa membawa hasil yang lebih bagus,” ucap Miljan Radovic, Jumat 19 April 2019.

Meski tak menebar kisi-kisi soal pemain yang ingin direkrutnya, beredar kabar bahwa Miljan Radovic membidik pemain asing.

Jika kabar itu benar, masa depan salah satu pemain asing—yang besar kemungkinan adalah Srdan Lopicic—kian buram karena tak kunjung memperlihatkan penampilan impresif. Tak cuma itu, desakan bobotoh agar sang pemain hengkang semakin masif.

Perjalanan karier Rene Mihelic

Mendatangkan Rene Mihelic menjadi opsi yang menggiurkan bagi Persib Bandung. Gelandang 30 tahun itu mengantongi rekam jejak apik. Ia telah memperkuat 9 klub berbeda di 7 negara.

Prestasi paling mentereng yang Rene Mihelic catatkan adalah ketika mengantarkan Debrecen merengkuh trofi kompetisi teratas di Hungaria dengan rangkuman 3 gol serta 4 umpan berujung gol. Musim 2017-2018, eks pemain Maribor itu menjuarai Indian Superleague bersama Chennaiyin.

RENE Mihelic/INDIAN SUPER LEAGUE

Tak cuma itu, Rene Mihelic memiliki segudang pengalaman. Ia sempat merasakan atmosfer turnamen teratas di Eropa, Liga Champions, ketika memperkuat Maribor musim 2009-2010 dan Debrecen musim 2014-2015.

Kendati hasilnya tak begitu memuaskan karena gagal di babak playoff, pengalaman tersebut menjadi poin plus bagi Rene Mihelic. Ia juga sempat berseragam Timnas Slovenia musim 2007 atau ketika berusia 19 tahun.

Pelayan lini depan

Nilai plus lain seorang Rene Mihelic bukan adalah label pemain serba bisa. Selain piawai membongkar pertahanan dari lini tengah, ia dapat berperan sebagai pemain sayap kanan.

Merujuk pada tayangan video yang tersebar di ruang siber, Rene Mihelic mempunyai akurasi umpan yang tergolong apik dalam permainan terbuka maupun situasi bola mati. Jika diakumulasikan, ia sudah merangkum 53 umpan penunjang bgol di semua ajang resmi sepanjang kariernya.

Atribut tersebut dibutuhkan Persib Bandung yang mempunyai pemain-pemain jangkung dan unggul dalam duel udara seperti Ezechiel N’Douassel, Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, dan Fabiano Beltrame.

Seumpama Persib Bandung merekrut Rene Mihelic

Di balik rekam jejaknya yang cemerlang, Rene Mihelic mempunyai beberapa sisi negatif. Salah satunya, dia tak pernah mencicipi jagat sepak bola Asia Tenggara. Apalagi, sepak bola Indonesia yang memiliki jadwal padat dan iklim tropis.

Oleh karena itu, jika direkrut Persib Bandung, besar kemungkinan Rene Mihelic akan memerlukan waktu yang tergolong panjang untuk beradaptasi.

Pertama, ia mesti terlebih dulu menyesuaikan diri dengan cuaca dan makanan. Jika persoalan itu selesai, ia wajib mengintegrasikan diri dengan tim secara cepat.

Faktor adaptasi itulah yang perlu dipertimbangkan Persib Bandung apabila ingin merekrut Rene Mihelic. Jangan sampai, kedatangan Rene Mihelic kembali membuat geram bobotoh karena gagal menampilkan performa impresif dengan alasan tak bisa beradaptasi.***

Bagikan: