Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Berawan, 21.6 ° C

Rekam Jejak Jaycee John Akwani Okwunwanne, Penyerang yang Dikabarkan Dilirik Persib Bandung

Okky Ardiansyah
JAYCEE John Akwani Okwunwanne/SITES.GOOGLE
JAYCEE John Akwani Okwunwanne/SITES.GOOGLE

SOSOK pemain asing Asia Persib Bandung untuk musim 2019 masih misterius. Meski sudah menebar kisi-kisi, manajemen klub belum bisa memberikan kepastian soal pemain asing Asia bidikannya. Di tengah ketidakpastian, muncul nama Jaycee John Akwani Okwunwanne. 

Teka-teki tentang siapa pemain Asia yang akan direkrut sebenarnya sudah sedikit tergambarkan dari pernyataan Manajer Persib Umuh Muchtar. Dia menyatakan, pemain tersebut berasal dari Timur Tengah dan berposisi sebagai striker.

“Dari Asia, pokoknya antara Timur Tengah. Posisinya untuk penyerang. Kalau datang sudah sehat, terutama kesehatannya dan kemampuannya, baru dari situ pelatih yang menentukan (apakah direkrut atau tidak),” ucap Umuh Muchtar di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis 11 April 2019.

Berangkat dari pernyataan tersebut muncul sederet nama pemain asal Timur Tengah yang dirumorkan jadi incaran Persib Bandung. Pemain berpaspor Bahrain, Jaycee John Akwani Okwunwanne adalah salah satunya.

Nama Jaycee John Akwani Okwunwanne mulai didengungkan sebagai target utama Maung Bandung. Kabar tersebut terbilang logis karena dia memenuhi tanda-tanda yang diumbar Umuh Muchtar.

JAYCEE John Akwani Okwunwanne/LIVESOCCER888

Jaycee John Akwani Okwunwanne dapat menjadi pelapis yang tepat bagi Ezechiel N’Douassel. Eks pemain Felda United itu mempunyai postur ideal seorang striker. dia tinggi, kekar, serta memiliki pengalaman cukup panjang.

Pemain kelahiran Nigeria itu telah memperkuat 8 klub berbeda sampai musim 2018-2019. Prestasi paling mentereng yang ia catatkan adalah kala berkostum Bangkok United musim 2016.

Saat itu, Jaycee John Akwani Okwunwanne berkontribusi besar mengantarkan Bangkok United finis di peringkat ke dua Thai League 1 dengan torehan 20 gol.

Musim selanjutnya, dia hampir mempersembahkan trofi Piala FA Thailand bagi Bangkok United sebelum akhirnya dikalahkan 2-4 oleh Chiangrai United pada final.

Sebelum berkarier di Thailand, Jaycee John Akwani Okwunwanne sudah diperhitungkan sebagai striker tajam di kompetisi teratas Bahrain ketika memperkuat Al Kharitiyath musim 2013-2014. Saat itu dia merangkum 10 gol dan membawa Al Kharitiyath finis di peringkat kedua.

Secara karakteristik permainan, Jaycee John Akwani Okwunwanne cocok menjadi deputi Ezechiel N’Douassel. Dia punya ketenangan saat menguasai bola di dalam kotak penalti lawan. Kepiawaiannya dalam menentukan posisi tak bisa disepelekan.

Hal lain yang bisa menguntungkan Persib Bandung adalah posturnya yang tinggi. Dengan begitu, ia bisa mendapatkan tugas menjadi tembok di lini depan apabila Persib Bandung menerapkan umpan panjang untuk meneror pertahanan lawan.

Tak cuma itu, Jaycee John Akwani Okwunwanne dapat berduel di dalam kotak penalti lawan apabila Persib Bandung mengandalkan operan silang untuk mencetak gol–skema yang telah diterapkan pelatih Miljan Radovic selama Piala Presiden 2019.

Perhatikan sisi negatifnya

Sederet atribut tersebut menggambarkan bahwa Jaycee John Akwani Okwunwanne bisa menambah kedalaman skuat Persib Bandung. Di luar sisi positif, ia punya beberapa sisi negatif. Dalam beberapa musim terakhir, ia tengah dalam performa menurun.

Mari tengok catatan sang pemain selama memperkuat Felda United pada musim 2019.

Selain gagal menyumbang gol dan hanya mendapatkan jatah bermain 90 menit, ia dilepas oleh klub asal Malaysia tersebut.

Permasalahannya bukan cuma rekam jejak maupun karakter permainan, tetapi usia Jaycee John karena sudah menyentuh 33 tahun. Tentu saja kebugaran dan stamina sang pemain patut dipertanyakan.

Jangan sampai seperti Srdan Lopicic. Saat Liga 1 belum mulai, desakan agar sang pemain mundur berdentum cukup keras. Latar belakangnya tentu saja usia yang sudah menyentuh 35 tahun dan performanya yang dinilai buruk sepanjang Piala Presiden 2019.***

Bagikan: