Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sedikit awan, 20.6 ° C

Gagal di Musim Lalu, Dedi Kusnandar Berharap Persib Juara Tahun Ini

Abdul Muhaemin
DEDI Kusnandar.*/DOK. PR
DEDI Kusnandar.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Di Liga 1 musim 2018 lalu, Persib Bandung hampir menorehkan prestasi dengan merebut titel juara. Pada paruh musim saja klub berjuluk Pangeran Biru itu sukses menjadi juara paruh musim dengan keunggulan poin yang cukup jauh dari para pesaingnya.

Namun di paruh musim kedua, Persib mendapatkan banyak cobaan seperti rentetan sanksi dari PSSI. Akibatnya Persib harus rela menempati posisi 4 klasemen di akhir musim dan gagal menjadi juara.

Permain Persib Bandung, Dedi Kusnandar menyebut, kegagalan meraih gelar juara di musim lalu harus menjadi pemantik di musim 2019. Pesepakbola yang berposisi sebagai pengatur serangan itu mengharapkan target Persib untuk menjadi juara bisa tercapai di musim ini.

"Ya lebih dari yang tahun kemarin, kalau tahun kemarin kita hampir juara, tahun ini mudah-mudahan bisa lebih dari tahun kemarin," tutur Dedi di Lapangan Sabuga, Kota Bandung.

Dedi juga menyadari bahwa usaha Persib untuk menjadi juara Liga 1 musim ini tidaklah mudah. Pasalnya saat ini, kekuatan dari tim yang berkompetisi semakin merata dan tidak bisa ditebak dalam setiap pertandingan yang akan dihadapi. Beberapa tim seperti Persebaya Surabaya, Arema FC hingga Persipura menurut Dedi patut diwaspadai kekuatannya. Tim-tim tersebut bisa menjadi batu sandungan bagi Persib. "Tiap tahun pemain dalam tim berubah-ubah. Jadi memang belum bisa ditebak," katanya.

Pergantian pelatih Persib dari Mario Gomez ke Miljan Radovic, diakui Dedi memerlukan adaptasi. Selain adaptasi dengan gaya melatih dan skema permainan, dia juga harus adaptasi dengan pemain-pemain baru yang didatangkan, termasuk tambah menumpuknya gelandang di Persib saat ini.

Namun banyaknya pemain yang berposisi gelandang enggan dijadikan permasalahan oleh Dedi. Dia justru menilai, ketatnya persaingan bisa membuat kualitas tim Pangeran Biru semakin bagus. Persaingan pun dia anggap sebagai hal yang wajar.

"Tiap tahun persaingan tim pasti ada. Saya pikir positif saja buat tim, jadi memacu pribadi saya sendiri untuk bisa lebih baik lagi, dan bisa lebih termotivasi lagi. Jadi itu adalah hal yang wajar," ucap pemain asal Sumedang itu.***

Bagikan: