Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 21.4 ° C

Persib Terlalu Gemuk, Manajemen Siapkan Opsi Pencoretan dan Peminjaman

Abdul Muhaemin
TIM Persib Bandung berlatih jelang laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jalan Terusan Cipatik-Soreang, Jumat, 1 Maret 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
TIM Persib Bandung berlatih jelang laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jalan Terusan Cipatik-Soreang, Jumat, 1 Maret 2019.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Jumlah pemain yang terlampau banyak di tim Persib Bandung nampaknya mendapatkan perhatian serius dari Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S Taryono. Pria yang juga merupakan pengacara ini menilai bahwa pemain di tim Persib saat ini terlalu banyak dan gemuk.

Belum lagi, Persib juga berencana akan mendatangkan beberapa pemain tambahan terutama pemain Asia untuk melengkapi slot yang dibutuhkan. Untuk memangkas gemuknya skuat Persib Bandung, dia mengatakan perlu adanya pencoretan terhadap beberapa pemain yang memang posisinya sudah terlalu banyak.

Posisi gelandang atau tengah diakui Kuswara lebih banyak pemain yang di posisi tersebut dibandingkan dengan posisi depan ataupun belakang, sehingga tidak menutup kemungkinan jika nantinya ada pencoretan pemain di posisi tengah. Namun kendati menyarankan adanya pencoretan, Kuswara enggan bertindak terlalu jauh karena yang memiliki wewenang untuk mencoret atau tidaknya pemain berada di tangan sang pelatih Miljan Radovic.

“Pokoknya tentang kepastian pemain,kan kita ini punya banyak pemain terutama yang di tengah. Nah apakah itu pemain depan, tengah, atau belakang, semuanya kita serahkan kepada Radovic. Karena kalau melihat pemain ini kalau dikatakan sudah banyak, tapi semua keputusan kira serahkan kepada pelatih,” ujar Kuswara kepada awak media di Kota Bandung, Selasa 9 April 2019.

Selain dengan melakukan pencoretan untuk memangkas jumlah pemain, Miljan Radovic tentu tidak harus melakukan hal itu jika tidak ingin pemainnya dijual. Pelatih berkebangsaan Montenegro tersebut bisa meminjamkan pemainnya ke tim lain untuk mendapatkan jam terbang dan menit bermain.

ILUSTRASI latihan tim  Persib.*/ ARMIN ABDUL JABBAR/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

Hal itu diamini oleh Kuswara, opsi dipinjamkannya beberapa pemain Persib bisa menjadi solusi untuk mengatasi jumlah pemain yang terlalu banyak. Hingga saat ini manajemen Persib dikatakan Kuswara masih menunggu daftar siapa saja pemain yang akan masuk dalam kerangka tim Persib Bandung di musim 2019.

“Prinsipnya kita serahkan sepenuhnya kepada Radovic, pemain yang sudah ada, atau kah kalaupun ternyata ada kelebihan, ya berarti opsinya kemungkinan nanti dipinjamkan ke klub lain. Tapi  kita belum bisa bilang karena kami belum ada daftar daftarnya dari Radovic. Jadi kita percayakan penuh kepada Radovic bagaimana pemain-pemian ini," ucapnya.

Untuk waktu pengumuman daftar pemain Persib Bandung dia menegaskan bahwa Persib Bandung masih menunggu konfirmasi terkait jadwal kompetisi musim 2019. Lantaran sebalum Liga 1 dimulai biasanya ada batas pengumpulan daftar pemain yang dilakukan oleh operator kompetisi Liga 1.

“Manajemen akan memastikan dulu kaitannya liga. Kita mau pastikan dulu kepastian liganya tanggal berapa, kemudian harus didaftarkan di tanggal berapa, intinya sebelum deadline waktu yang ditentukan insyaallah pemain itu dalam keadan siap,” tuturnya.***

Bagikan: