Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Sedikit awan, 22.2 ° C

Segera Jadi WNI, Pemain Persib Fabiano Beltrame Mimpikan Bela Timnas Indonesia

Abdul Muhaemin
FABIANO Beltrame resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 23 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN/PR
FABIANO Beltrame resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 23 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN/PR

BEBERAPA tahun kebelakang proses naturalisasi seorang Warga Negara Asing (WNA) menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bukanlah hal yang langka. Para pelaku sepak bola yang berasal dari luar negeri seperti berbondong-bondong untuk berpindah kewarganegaraan menjadi Indonesia.

Hal ini tentu menjadi keuntungan jika ada pemain sepak bola asing telah dinaturalisasi menjadi WNI, lantaran pemain yang telah dinaturalisasi tersebut statusnnya menjadi pemain lokal dan kuota pemain asing bisa diisi dengan pemain lain.

Salah satu tim yang doyan menggunakan jasa pemain naturalisasi adalah Persib Bandung, hingga saat ini Persib Bandung telah menggunakan jasa 5 pemain naturalisasi, mulai dari Cristian Gonzales, Sergio Van Dijk, Kim Jaeffrey Kurniawan, Raphael Maitimo hingga nama yang terakhir adalah bek tangguh Victor Igbonefo.

Nampaknya Persib akan kembali mendapatkan jasa pemain naturalisasi untuk keenam kalinya dalam waktu yang dekat. Pasalnya pemain asal Brazil yang baru didatangkan awal musim ini yaitu Fabiano Beltrame tengah mengurus proses naturalisasi menjadi WNI.

Fabiano mengungkapkan, dia hanya tinggal melakukan proses pengambilan sumpah. Dia tinggal menunggu panggilan dari pihak yang bersangkutan untuk segera menjadi WNI.

“Saya tinggal datang kesana untuk sumpah tapi saya belum dipanggil tapi belum pasti kapan presidennya, jadi kalau saya sudah sumpah akan jadi (WNI),” ujar Fabiano Beltrame usai mengikuti latihan bersama Persib di Lapangan Sabuga, Kota Bandung, Jumat 5 April 2019.

Fabiano yang juga pernah berseragam Persija Jakarta menegaskan bahwa selama mengurus proses naturalisasi tidak ada hambatan yang ditemuinya. Hanya saja dia sempat terkendala perbedaan penulisan identitas asal kotanya di kampung halamannya. Namun dia mengharapkan agar proses yang tengah rampung tersebut bisa segera selesai minggu depan.

“Ga ada, karena semua yang perlu sudah lakukan terus atur atur sudah hampir bulan keempat, saya pikir harus selesai. Mungkin minggu depan bisa, minggul lalu mereka cuma minta surat kenal lahir karena kota beda dari tulisan dari Indonesia, saya tulisan yang di paspor juga beda, karena itu proses ga boleh ada beda,” tuturnya.

Pakai baju Timnas Indonesia

Lebih lanjut, pemain yang suka minum kopi ini mengaku akan memakai baju sepak bola Tim Nasional Indonesia jika dia telah resmi menjadi WNI. Dia juga bermimpi agar dalam waktu yang dekat memiliki kesempatan untuk membela Timnas Indonesia.

Meski tidak lahir di Indonesia, pemain yang sudah menetap 14 tahun di Indonesia ini mengaku bahwa kebanggaan akan tetap dia rasakan saat membela Timnas Indonesia. Hal itu diakuinya lantaran menganggap Indonesia sebagai tempat kelahiran dan rumah baginya. Selain itu keluarganya juga kerasan tinggal di Indonesia dan merasa nyaman.

“Ya saya sudah kemarin pake baju Timnas saya cocok, buat pemain bola untuk membela timnas kebanggaan dari waktu kecil, itu dari kecil dari pemain bola dan jadi timnas, kalau saya bisa jadi itu bisa jadi kebanggaan saya dan papa saya dan mereka bisa datang untuk nonton. Saya 14 tahun disini, saya sudah orang Indonesia, dan anak saya hidupnya selalu disini di Indonesia, dia bahasa lancar ,itu buat kita ga ada masalah,” katanya.***

Bagikan: