Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Umumnya berawan, 21.4 ° C

Empat Fakta Peliknya Kepindahan Fabiano Beltrame ke Persib

Abdul Muhaemin
FABIANO Beltrame/GALAMEDIANEWS
FABIANO Beltrame/GALAMEDIANEWS

PERSIB Bandung akhirnya secara resmi mengenalkan pemain baru pada Sabtu 23 Maret 2019 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung. Dia adalah bek tangguh berdarah Brasil yang telah malang melintang di sepak bola Indonesia yaitu Fabano Beltrame.

Fabano Beltrame menjadi pemain kedelapan yang didatangkan Persib Bandung guna menghadapi Liga 1 musim 2019.

Kepindahan Fabiano Beltrame ke Pesib Bandung dari klub sebelumnya, Madura United, telah mencuat semenjak Liga 1 musim 2018 selesai.

Bahkan, rumor kepindahan Fabano Beltrame bukan hanya berembus sekarang. Sang pemain yang tidak akan lama lagi menjadi Warga Negara Indonesia itu hampir setiap musim disangkutpautkan dengan Maung Bandung.

Dengan hadirnya Fabano Beltrame, lini belakang Maung Bandung akan kembali kokoh sepeninggal Victor Igbonefo yang memilih pindah ke Thailand. Selain fakta-fakta tersebut, berikut ini adalah beberapa fakta lain tentang transfer Fabiano Beltrame ke Pesrib Bandung.

Diincar sejak 2011

Ketangguhan Fabiano Beltrame di lini belakang memang tidak perlu diragukan lagi. Dia menjadi salah satu bek elite yang bermain di sepak bola Indonesia.

Badannya yang kekar serta gaya permainannya yang lugas membuat pemain yang kini berusia 36 tahun itu sulit dilewati para penyerang lawan.

FABIANO Beltrame/GALAMEDIANEWS

Penampilan apik yang ditunjukkan Fabano Beltrame membuat Persib Bandung kepincut dan akhirnya mendatangkan sang pemain musim ini. Namun, Persib Bandung telah cukup lama mengincar Fabano Beltrame. Sejak masih membela Persela Lamongan musim 2011, Persib Bandung juga telah mengincar dia.

Ketika Fabano Beltrame membela Persija Jakarta, manajemen Persib Bandung juga telah melakukan pendekatan dengan sang pemain tetapi tetap gagal mendaratkannya di Bandung.

Tolak tawaran Persija

Berstatus sebagai bek tangguh dan kenyang akan pengalaman serta tidak akan lama lagi akan menyandang status WNI membuat Fabiano Beltrame banyak diincar klub-klub mapan di Indonesia.

Selain Persib Bandung, setidaknya ada tiga tim lain yang juga berebut tanda tangan pemain kelahiran 29 Agustus 1982 itu.

FABIANO Beltrame resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 23 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN/PR

Ketiga tim yang berebut Fabiano Beltrame adalah klub promosi Liga 1 yaitu Kalteng Putera, klub Fabiano sebelumnya yaitu Madura United juga ngotot ingin mempertahankannya tetapi sang pemain memilih hengkang. Ada juga Persija Jakarta yang tawarannya dia tolak.

Pemain yang piawai dalam bola-bola atas dan mahir menjaga kedalaman di lini pertahanan itu sebenarnya pernah membela Persija Jakrarta pada 2011 hingga 2014. Dia mencatatkan setidaknya 50 penampilan bersama klub berjuluk Macan Kemayoran itu sehingga bisa saja kembali ke Jakarta. Namun, Fabiano Beltrame memilih Persib Bandung setelah berdiskusi dengan keluarganya.

Bermasalah dengan Madura United

Proses kepindahan Fabiano Beltrame dari Madura United ke Persib Bandung cukup berliku dan tidak mudah.

Meski statusnya telah bebas transfer, Madura United sempat geram dengan rumor Fabiano Beltrame yang akan bergabung ke Bandung. Madura United keberatan lantaran tengah mengurus proses naturalisasi sang pemain.

Madura United seperti tidak rela dan menyayangkan kepindahannya ke Bandung. Jika Fabiano Beltrame telah sah menjadi WNI, hal itu bisa menjadi keuntungan klub yang dibelanya. Meski berstatus pemain lokal, kemampuannya di atas rata-rata pemain lokal.

Meski sempat melayangkan protes dan kecewa, Madura United merelakan Fabiano Beltrame pindah ke Bandung. Fabiano Beltrame juga telah melakukan komunikasi dan pembicaraan dengan manajemen Madura United sehingga dia bisa pindah.

“Serangan” bobotoh

Fabiano Beltrame menyebutkan bahwa “teror” yang dilakukan oleh tidak kurang dari 20.000 bobotoh di akun Instagram dia menjadi salah satu faktor memilih Persib Bandung sebagai klub barunya.

Dia menyebutkan bahwa setiap hari banyak bobotoh yang mengirimi pesan dan menanyakan apakah dia benar-benar akan berbaju Persib Bandung. Bahkan tidak sedikit bobotoh yang kesal lantaran pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan tidak dibalas dan tidak dijawab oleh dia.

Meski begitu, dia meminta maaf kepada bobotoh kaeena tidak membalas setiap pertanyaan. Dia juga senang dengan respons bobotoh serta dukunganya. Sambutan bobotoh tidak dimungkiri menjadi kesan tersendiri selama menjalani karier sepak bola.***

Bagikan: