Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Sebagian cerah, 23.2 ° C

Fabiano Beltrame Latihan Perdana Bersama Persib, Tak Sendiri Lagi

Irfan Subhan
Persib.*/DOK. PR
Persib.*/DOK. PR

SEHARI setelah diperkenalkan secara resmi kepada publik, Fabiano Beltrame akhirnya mengikuti latihan bersama pemain lainnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 24 Maret 2019.

Latihan itu merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu sejak lama. Sebelumnya Fabiano Beltrame harus melakukan latihan sendiri sejak resmi mengundurkan diri dari Madura United beberapa bulan lalu.

Meski demikian, pemain asal Brasil yang sedang menunggu proses naturalisasinya rampung tersebut sudah bisa langsung berbaur dengan pemain lainnya pada latihan yang digelar sebelum Maung Bandung berangkat ke Batam untuk melakukan pemusatan latihan.

“Sangat senang sekali karena sudah lama tidak latihan. Dalam latihan pertama tadi juga kembali bertemu dengan teman-teman dan mereka menerima saya dengan baik. Saya yakin bisa cepat beradaptasi karena saya yakin mereka akan membantu saya,” tutur Fabiano Beltrame usai latihan.

FABIANO Beltrame resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 23 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN/PR

Dia mengatakan akan langsung mengikuti pemusatan latiihan dan hal tersebut tidak menjadi masalah. Bahkan, dia merasa sudah siap karena pemusatan latihan di Batam akan sangat membantu untuk mengembalikan kebugaran fisiknya.

“Saya pikir bagus, meskipun nanti pasti capek tapi itu perlu karena persiapan buat tim. Bagus juga ada pemsuatan latihan karena saya bisa lebih dekat dengan pemain lain dan membuat lebih cepat beradaptasi,” katanya.

Saat di Surabaya, Fabiano Beltrame rutin melakukan latihan sendiri untuk menjaga kebugarannya. Namun, latihan di pusat kebugaran dan di lapangan tentunya sangat jauh berbeda karena ketika latihan bersama tim, pelatih telah menentukan program yang harus dijalani.

“Tapi yang penting saya sudah mencoba memberikan yang terbaik untuk menjaga kondisi. Masih perlu diperbaiki lagi karena masih kurang, tapi masih ada waktu sebulan lebih. Saya yakin saat kompetisi dimulai, saya sudah ada dalam kondisi yang paling bagus dan fit 100 persen,” ujarnya.

Menyoal naturalisasi

Disinggung mengenai proses naturalisasinya, Fabiano Beltrame mengatakan dia tinggal selangkah lagi untuk menjadi warga negara Indonesia. Berkas-berkas untuk naturalisasi telah berada di sekertariat negara.

“Kalau tidak salah, tinggal menunggu tanda tangan presiden. Nanti saya datang untuk disumpah dan sekarang prosesnya sedikit lagi. Saya yakin mungkin 10 hari ke depan atau maksimal pertengahan April sudah selesai semuanya,” ucapnya.

Manajemen Persib juga telah memberikan kepastian kapan proses naturalisasinya selesai. Sehingga, Fabiano Beltrame akhirnya datang lebih cepat ke Bandung untuk beradaptasi dengan pemain lainnya.

Dia mengatakan, keinginan untuk menjalani warga negara Indonesia sudah lama dia idamkan. Bahkan pada 15 juni 2019 nanti, dia tepat 14 tahun tinggal di Indonesia.

Selain itu, keinginan naturalisasi tersebut dilatarbelakangi anak dan istrinya yang sudah sangat nyaman tinggal di Indonesia karena merupakan negara yang sangat ramah.

“Saya senang tinggal di sini, begitu keluar, orang-orangnya ramah dan selalu menerima orang asing dengan baik. Saya pikir kami lebih aman bermain dan tinggal di sini daripada di Brasil,” katanya.***

Bagikan: