Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya berawan, 21.9 ° C

Pemain Muda Persib Beckham Putra Nugraha Diam di Dua Sisi

Irfan Subhan
SELEBRASI pemain Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha ( kiri) setelah berhasil membobol gawang Persiwa Wamena  pada pertandingan ke 2 Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin 11 Februari 2019. Dalam laga tersebut anak asuh Miljan Radovic menang dengan skor 7-0./ARMIN ABDUL JABBAR/PR
SELEBRASI pemain Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha ( kiri) setelah berhasil membobol gawang Persiwa Wamena pada pertandingan ke 2 Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin 11 Februari 2019. Dalam laga tersebut anak asuh Miljan Radovic menang dengan skor 7-0./ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BECKHAM Putra Nugraha untuk sementara tidak mengikuti latihan bersama pemain Persib lainnya karena sedang menjalani Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) selama sepekan.

Siswa kelas XII IPS 2 di Sekolah Menengah Atas Negerai (SMAN) 22 Kota Bandung tersebut tidak canggung saat menghadapi ujian karena sebelumnya telah menyiapkan diri dengan baik.

Meski tidak mengikuti latihan, adik Gian Zola tersebut tetap menjalani program latihan secara mandiri seperti yang ditugaskan Pelatih Persib Miljan Radovic.

Meski sedang mengikuti ujian, pemain jebolan Diklat Persib itu tetap meluangkan waktu untuk melakukan latihan saat pulang sekolah agar kondisi kebugaran fisiknya tetap terjaga dengan baik.

“Ini sudah masuk hari keempat dan alhamdulillah sejauh ini lancar. Pasti agak susah karena harus izin. Jadi,  tidak terlalu tahu juga materi di ujian apa. Tapi alhamdulillah, insyaallah bisa karena sebelumnya juga kan sudah menanyakan ke guru dan teman-teman di sekolah apa saja materinya,” tutur Beckham Putra Nugraha, Kamis 21 Maret 2019.

SELEBRASI pemain Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha ( kiri) setelah berhasil membobol gawang Persiwa Wamena  pada pertandingan ke 2 Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin 11 Februari 2019. Dalam laga tersebut anak asuh Miljan Radovic menang dengan skor 7-0./ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Beckham Putra Nugraha mengatakan, dia harus pintar-pintar membagi waktu antara latihan bersama Persib dan sekolah sehingga keduanya bisa berjalan seimbang tanpa harus mengorbankan salah satunya.

“Misalnya latihan pagi, siangnya baru datang ke sekolah. Kalau latihan sore, pagi-paginya ke sekolah dulu. Paling seperi itu, harus pintar mengatur waktunya,”katanya.

Pendidikan tak dinomorduakan

Beckham Putra Nugraha telah memikirkan rencana setelah lulus SMA. Bahkan dia telah mendapat tawaran beasiswa dari salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung.

“saya berencana kuliah di STIE Ekuitas di Jalan Suci karena di sana ditawari beasiswa penuh cuma absensi ditanggung mereka dan alhamdulillah bisa mendapat penghargaan itu karena sekolah itu nomor satu, setelah bermain bola kan harus punya pegangan,” ujarnya.

Bagi dia, pendidikan dan karier sebagai pemain sepak bola profesional sama penting sehingga keduanya dijalani dengan baik.

BECKHAM Putra/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Meski sebelumnya Beckham Putra Nugraha tidak bisa mengikuti mata pelajaran di sekolah karena menjalani ketatnya jadwal pertandingan baik saat di Diklat Persib maupun di tim Persib senior, pemain berusia 17 tahun itu selalu berdiskusi dengan guru maupun teman-teman di sekolah sehingga bisa tetap memahami pelajaran.

“Paling pola belajar lebih banyak baca saja sih, misalnya kalau ada ulangan, materinya dikasih tahu juga oleh gurunya. Jadi, menghafal saja. Kalau matematika, (pelajari) rumusnya atau intinya. Jadi, apa saja yang akan keluar dalam ujian, guru juga ikut membantu dan membuat lebih mudah (paham),”ujarnya.

Dari sekian banyak pelajaran yang telah diselesaikan dalam ujian, Beckham Putra Nugraha cukup kesulitan ketika harus mengerjakan soal matematika dan ekonomi. “Aduh, itu yang paling sulit,”ujarnya.

Meski saat ini belum bisa mengikuti latihan bersama, rencananya Beckham Putra Nugraha akan menyusul terbang ke Batam saat Persib menjalani pemusatan latihan tanggal 25 Maret sampai dengan 1 April.***

Bagikan: