Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Umumnya cerah, 30.3 ° C

Ini Dua Pemain yang Paling Sering Disebut Akan Bergabung dengan Persib

Abdul Muhaemin
Sosok misterius di Persib/DOK. PR
Sosok misterius di Persib/DOK. PR

UNTUK melengkapi kuota pemain asing dalam menghadapi kompetisi musim 2019, Persib Bandung masih melakukan perburuan pemain Asia. Sejak berakhirnya kompetisi musim 2018 yang lalu dan memutuskan kontrak pemain asal Korea Selatan Oh In Kyun, rumor tentang transfer pemain Asia Persib terus menggeliat.

Beberapa nama pemain terus dikaitkan dengan klub berjuluk Maung Bandung itu. Namun, yang paling santer dikabarkan akan berlabuh di Persib Bandung beberapa waktu yang lalu adalah penyerang Tim Nasional Pakistan Saadullah Khan. 

Sang pemain bahkan sering mengabarkan update perkembangannya yang akan menjalani uji coba di Persib dalam akun media sosial miliknya. Namun hingga saat ini, pemain bersangkutan masih belum juga datang ke Bandung.

Meski demikian, nampaknya rumor transfer pemain Asia untuk Persib sudah menemui titik terang. Salah seorang petinggi PT Persib Bandung Bernartabat (PBB) Teddy Tjahyono menuturkan, pemain Asia yang akan didatangkan oleh Persib merupakan mantan pemain Tim Nasional Korea Selatan dan berposisi sebagai second striker.

Jika nantinya yang didatangkan adalah benar-benar pemain asal Korea Selatan, ini akan menjadi transfer kedua Maung Bandung dalam merekrut pemain asal negeri K-Pop itu setelah Oh-In Kyun musim lalu.

Berdasarkan pernyataan yang dilontarkan oleh Teddy Tjahyono, berikut ini adalah beberapa pemain Korea Selatan yang terus disangkutpautkan dengan Persib Bandung, dan tidak menutup kemungkinan akan direkrut oleh manajemen klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut.

1. Park Chu Young

Pemain yang satu ini menjadi nama yang paling ramai diperbincangkan. Selain berposisi sebagai second striker, dia juga merupakan mantan pemain Korea Selatan yang karirnya cukup mentereng. 

Hal ini tentu saja sesuai dengan kriteria yang disebutkan oleh Teddy Tjahjono belum lama ini.

PARK Chu Young.*/EUROSPORT

Park Chu Young saat ini berusia 33 tahun. Sang pemain pernah malang melintang di berbagai klub. 

Menjalani debut profesional pada tahun 2005 yang lalu bersama FC Seoul, sang pemain lalu pindah ke klub asal Prancis AS Monaco tahun 2008. Performanya yang bagus bersama AS Monaco membuat sang pemain dilirik oleh raksasa Liga Inggris Arsenal dan direkrut pada 2011 dengan nilai transfer yang cukup fantastis, yaitu 7 juta Euro atau setara dengan 113 miliar.

Namun, karir sang pemain bersama klub berjuluk The Gunners ini tidak berlangsung mulus, Park Chu Young hanya menjadi pemain pelengkap dan lebih sering dipinjamkan. Sejak 2012 hingga 2014 dia beberapa kali dipinjamkan, antara lain ke Celta de Vigo klub asal Spanyol, hingga Watford yang juga berkompetisi di Liga Inggris.

Setelah harus rela dipinjamkan oleh Arsenal, Park Chu Young akhirnya pindah ke Al Shabab Riyadh. Dia hanya satu musim di klub asal Arab Saudi itu. 

Park Chu Young kembali ke klub pertama saat menjalani karir, yaitu FC Seoul pada 2015. Hingga saat ini, sang pemain masih menjadi bagian FC Seoul yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Korea Selatan atau K-League 1.

Sementara karirnya bersama Timnas Korea Selatan cukup baik, pemain kelahiran Daegu, 10 Juli 1985 itu membela negeri Ginseng ini sejak Timnas Korea U-20 dan U-23. Hingga pada 2005 dia menjalani debut bersama Timnas Senior Korea Selatan.

Sejak menjalani debut saat itu, Park Chu Young menjadi andalan Timnas Korea Selatan. Bahkan, sang pemain menjadi bagian Korea Selatan dalam ajang Piala Dunia di tiga edisi, yaitu Piala Dunia 2006, Piala Dunia 2010 serta pada Piala Dunia 2014.

Melansir dari laman Transfermarkt, dalam ajang empat tahunan ini Park Chu Young tampil sebanyak 7 kali dan mempersembahkan 1 gol. Tapi penampilannya bersama Timnas Korea Selatan sejak tahun 2005 terbilang memuaskan. Dia sudah tampil sebanyak 68 kali di berbagai ajang dan menorehkan 24 gol.

Dengan rekam jejak yang cukup apik -serta pengalamannya, tentu saja bisa membuat sang pemain memberikan kontribusi bagi Persib Bandung jika nantinya benar-benar didatangkan. Namun untuk mendatangkannya, Persib harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, yaitu sekitar 1 juta Euro atau Rp 16 Miliar. Selain itu saat ini Park Chu Young masih terikat kontrak dengan FC Seoul hingga tahun 2020 mendatang.

2. Park Jun Tae

Selain nama Park Chu Young, pemain Korea Selatan yang namanya juga banyak disangkutpautkan dengan klub berjuluk Maung Bandung ini adalah Park Jun Tae. Melihat rekam jejaknya, karir pemain berusia 29 tahun itu memang belum sementereng seniornya, yaitu Park Chu Young.

Melansir dari laman Transfermrkt, Park Jun Tae menjalani debut karir profesionalnya sama dengan Park Chu Young yaitu di Ulsan Hyundai. Hanya saja, dia bergabung pada 2009. 

Sejak menjalani debutnya, Park Jun Tae hanya berkecimpung di sepak bola Korea Selatan. Hampir setiap musim, sang pemain selalu berganti-ganti klub.

Tercatat sejak 2009 hingga 2018, Park Jun Tae sudah berganti klub sebanyak 6 kali, baik berstatus sebagai pemain pinjaman maupun dijual hingga bebas transfer. Adapun enam klub itu antara lain Ulsan Hyundai, Ulsan Dolphin, Incheon United, Jeonnam Dragons, Sangju Sangmu serta Busan IPark.

Sementara dalam karirnya bersama Timnas Korea Selatan, pemain yang lahir di Seoul 2 Desember 1989 tersebut hanya membela Timnas Korea Selatan U-23. Bersama Korea Selatan U-23, Park Jun Tae hanya mencatatkan penampilan sebanyak dua kali tanpa menciptakan gol.

Meskipun tidak memiliki perjalanan karir seperti Park Chu Young, namun Park Jun Tae juga tidak menutup kemungkinan bisa dilabuhkan manajemen Persib Bandung. Saat ini, sang pemain masih tanpa klub dengan status bebas transfer. 

Selain itu nilai transfernya juga dibawah Park Chu Young. Untuk mendatangkan Park Jun Tae, manajemen Persib harus mengeluarkan biaya 360 ribu Euro atau setara Rp 5,8 miliar.***

Bagikan: