Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sebagian berawan, 19.7 ° C

Butuh Penyegaran, Pemain Persib Libur Sepekan

Abdul Muhaemin
PARA Pemain Persib menjalani latihan sore di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu 2 Februari 2019 yang dipimpin langsung Pelatih Miljan Radovic.*/ABDUL MUHAEMIN/PR
PARA Pemain Persib menjalani latihan sore di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu 2 Februari 2019 yang dipimpin langsung Pelatih Miljan Radovic.*/ABDUL MUHAEMIN/PR

BANDUNG, (PR).- Pascatersingkir dari Piala Presiden 2019, tim Persib Bandung belum mampu memberikan hasil terbaik. Bertindak sebagai tuan rumah dan menghuni Grup A bersama PS Tira Persikabo, Persebaya Surabaya serta Perseru Serui, Supardi, dkk. hanya mempu menempati posisi 3 klasemen dengan rincian 1 kemenangan serta 2 kali menelan kekalahan.

Untuk penyegaran fisik dan mental, para pemain Persib mendapatkan jatah libur selama satu pekan dari jajaran pelatih. Kendati mendapatkan libur, para pemain tetap memiliki tugas latihan ringan dari pelatih.

“Kita memang libur seminggu, sejak dari kita libur itu dalam artian kita masih mengerjakan tugas atau kerja dari tim pelatih. Jadi ada beberapa latihan seperti aerobik dan daya tahan,” tutur pelatih fisik Persib Bandung Yaya Sunarya, Jumat, 15 Maret 2019.

Yaya Sunarya menuturkan bahwa pemberian libur satu minggu kepada pemain memang diperlukan. Selama menjalani latihan dua bulan dan baru selesai mengikuti turnamen pramusim, pemain Persib Bandung membutuhkan penyegaran, baik secara mental maupun fisik. Dia berharap, nantinya pemain bisa lebih fokus dalam menjalani latihan di fase berikutnya.

“Dengan hasil yang kemarin tentunya menjadi suatu gambaran bahwa kita perlu penyegaran baik mental maupun fisik pemain, karena setelah dari penyegaran itu tentunya kita ingin lebih fokus lagi dengan harapan pemain akan lebih segar menjalani latihan di fase berikutnya,” katanya.

Sementara itu, terkait kondisi fisik pemain di Piala Presiden, Yaya menilai latihan yang selama ini dijalani telah terlihat dan membuahkan hasil. Meskipun gagal lolos ke fase berikutnya, dia mengharapkan agar latihan selama dua bulan yang mengkombinasikan latihan fisik dan teknik bisa lebih ditingkatkan.

“Pertimbangannya kita sudah membuat beberapa latihan yang bisa terafiliasi di turnamen, bukan menjadi salah satu tolak ukur tapi menjadi salah satu gambaran buat kita meskipun kita tidak lolos  tapi di fase dua bulan ini kita sudah menjalani latihan mulai dari kondisi sampai ke taktik,” ujarnya.

Lakukan pembenahan

Untuk mempersiapkan tim menghadapi kompetisi Liga 1 yang akan bergulir pada Mei mendatang, Yaya menegaskan bahwa jajaran pelatih akan melakukan pembenahan. Pelatih juga membuat program untuk meningkatkan kondisi kebugaran fisik para pemain sebelum kompetisi itu dimulai. 
Belum lagi, nantinya juga Persib akan kedatangan beberapa pemain baru yang diharapkan kondisi kebugaran fisiknya tidak terlalu drop dan bisa mengimbangi latihan yang diberikan.

“Pembenahan tentunya ada, karena kita akan coba terus berusaha mengembangkan kondisi fisik ke arah yang lebih baik lagi di persiapan Liga. Apalagi tentunya dengan nanti kemungkinan akan ada beberapa pemain tambahan yang kita belum tahu kondisinya bagaimana, ini harus sama dengan pemain-pemain yang sudah ada sejak kita gabung latihan,” ucap Yaya.***

Bagikan: