Pikiran Rakyat
USD Jual 14.635,00 Beli 14.335,00 | Umumnya berawan, 23.4 ° C

Persib vs Perseru, Rencana Pengosongan Tribun dan Bandung yang Tak Lagi Berkepala Dingin

Tim Pikiran Rakyat
BOBOTOH Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
BOBOTOH Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Performa Persib Bandung di bawah arahan Pelatih Miljan Radovic dinilai jauh di bawah harapan. Dari dua laga yang sudah dilakoni di Piala Presiden 2019, Persib Bandung belum sekalipun meraih kemenangan. Bobotoh pun geram dan mengkritik manajemen klub.

Salah satu bentuk kritik tersebut adalah rencana kelompok suporter Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber) yang akan mengosongkan tribun selatan saat laga pamungkas penyisihan Grup A Piala Presiden 2019 antara Persib Bandung melawan Perseru di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa 12 Maret 2019.

Recana dan seruan mengosongkan tribun selatan itu diunggah akun Instagram resmi Bomber, @bomber.persib Jumat 8 Maret 2019.

"Kami hanya menginginkan Persib lebih baik lagi, penilaian kami sejak tandatangan kontrak Radovic, tidak ada peningkatan yang signifikan. Jika hanya sekadar ucapan tanpa realisasi di lapangan, anak TK pun bisa dengan mudah mengucap PASTI MENANG.

SEORANG bobotoh meluapkan kekecewaan kepada pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic, usai pertandingan melawan  Persebaya Surabaya pada ajang Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis, 7 Maret 2019. Dalam pertandingan tersebut Persib Bandung takluk 2-3.*/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

Tanpa ada unsur paksaan terhadap siapapun, bagi yang masih ingin datang ke stadion pada laga terakhir Piala Presiden 2019 Silahkan. Jangan sampai ada perdebatan ataupun perselisihan melalui media sosial antara bobotoh yang pro boikot dan kontra boikot." Demikian isi unggahannya.

Ketua Umum Bomber Asep Abdul mengatakan, melalui rencana mengosongkan tribun selatan, Bomber ingin manajemen klub berbenah diri dan melakukan evaluasi.

"Setidaknya, kami ingin memberikan kesempatan kepada manajemen untuk berbenah diri. Apapun yang kami lakukan ingin penyegaran. Sekarang bobotoh sedang memperbaiki diri juga, masak manajemen tidak," kata Asep Abdul seperti dilaporkan Prfmnews, Jumat 8 Maret 2019.

LAGA kedua Piala Presiden 2019, Persib Bandung berhadapan dengan Persebaya Surabaya. Pertandingan sengit terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis, 7 Maret 2019.*/ABDUL MUHAEMIN

Tidak hadirnya Bomber merupakan bentuk kecintaannya kepada Persib Bandung karena, Bomber tak ingin Maung Bandung terus terpuruk.

"Bukan boikot, kalau boikot konotasinya beda (negatif). Kami hanya menyampaikan perasaan. Kecintaan kami tetap, kalah menang tetap dukung, momen ini harus sama-sama membenahi. Bobotoh juga berupaya ke arah positif tim dan manajemen juga harus membenahi," kata dia.

Di mana keramahan itu kini?

 Usai kekalahan Persib Bandung dari Persebaya Surabaya, aksi pemukulan Pelatih Persib Miljan Radovic oleh oknum bobotoh mendapat kritik dari pengamat sepak bola, Eko Noer Kristiyanto.

Menurut dia, tidak ada pembenaran atas aksi yang dilakukan oleh oknum bototoh tersebut. dia menilai sikap suporter di stadion merupakan cerminan dalam kesehariannya. Emosi yang ada pada diri suporter terbawa secara alami saat menonton pertandingan.

"Karakter orang di stadion itu sedikit banyak mencerminkan keseharian mereka di kota itu. Ada suporter yang tempramental, kasar, dan mudah tersinggung, itu memang sehari-hari mereka hidup dalam tensi yang tinggi," kata Eko Noer Kristiyanto dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Sabtu 9 Maret 2019.

Selain itu, Eko Noer Kristiyanto menilai, insiden pemukulan oleh suporter menunjukan Kota Bandung tak lagi sebagai kota yang berkepala dingin. Kasus meninggalnya Ricko Andrean dan Haringga Sirla semakin memunculkan efek negatif bagi suporter Persib dan kota Bandung secara umum.

"Ini menunjukan Bandung yang katanya dihuni orang-orang yang suka becanda, berselera humor tinggi, berkepala dingin, tempat orang kreatif, kota tempat banyak melahirkan intelektual ternyata tidak tercermin," kata dia.***

Bagikan: